Treatment Kecantikan yang Tercantum dalam Al-Qur'an dan Sunnah

loading...
Treatment Kecantikan yang Tercantum dalam Al-Quran dan Sunnah
Untuk melakukan perawatan alami, ternyata ada berbagai rangkaian ibadah secara Islam yang dapat membantu seseorang selalu terlihat awet muda. Foto ilustrasi/ist
Islam sangat menyukai keindahan dan kecantikan . Bahkan Islam juga telah memberikan solusi bagi para muslimah untuk treatment atau perawatan wajah agar selalu tampil awet muda dan bercahaya . Tak perlu mengeluarkan biaya yang besar, bahkan beberapa hal ini bisa dilakukan semua perempuan kapanpun ia mau.

Baca juga: Satu Amalan Ini Dapat Menghapus Dosa Satu Keluarga, Mungkinkah?

Tampil cantik untuk menyenangkan orang yang dicinta seperti suami, bisa dilakukan sesuai dengan syariat. Berikut dalil tentang kecantikan juga tercantum dalam Al-Qur'an, seperti dalam firman Allah Ta'ala :

فِيهِنَّ خَيْرَٰتٌ حِسَانٌ

“Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.” (QS.Ar Rahman:70)

Kemudian firman Allah Ta'ala:

لَّا يَحِلُّ لَكَ ٱلنِّسَآءُ مِنۢ بَعْدُ وَلَآ أَن تَبَدَّلَ بِهِنَّ مِنْ أَزْوَٰجٍ وَلَوْ أَعْجَبَكَ حُسْنُهُنَّ إِلَّا مَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ رَّقِيبًا

"Tidak halal bagimu menikahi wanita-wanita sesudah itu dan tidak boleh (pula) mengganti mereka dengan istri-istri (yang lain), meskipun kecantikan mereka menarik hatimu, kecuali wanita-wanita (hamba sahaya) yang kamu miliki. Dan ALLAH Maha mengawasi segala sesuatu.” (QS.Al Ahzab:52)

Baca juga: 5 Tingkat Ke-khusuk-kan Dalam Sholat, di Mana Posisi Sholat Kita?

Melihat dalil itu, tentu setiap perempuan mendambakan untuk selalu bisa tampil cantik dan awet muda. Nah, muslimah selain kita melakukan perawatan alami , ternyata ada berbagai rangkaian ibadah secara Islam yang dapat membantu seseorang selalu terlihat awet muda. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips awet muda sesuai syariat Islam:

1. Mengamalkan puasa sunnah

Puasa memiliki banyak sekali manfaat. Seperti menahan hawa nafsu, melatih kesabaran, menjaga kesehatan tubuh, dan yang lainnya. Selain puasa wajib, sahabat muslimah juga bisa melakukan puasa sunnah. Selain manfaat di atas, ternyata puasa sunnah bermanfaat untuk mempercantik diri seorang muslimah.

2. Selalu tersenyum

Dalam ajaran Islam, ayat Al Qur’an tentang membahagiakan orang lain yakni dengan senyum, selain tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik, tersenyum juga dianggap sedekah. Sabda Rasulullah SAW: “Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi)

Baca juga: 5 Ayat Al-Qur'an Pendorong Semangat Menghadapi Kesulitan Hidup

3. Rajin sholat

Rajin melaksanakan salat, sabar, bersyukur, dan ramah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari diri umat islam. Semua umat islam wajib menjalankan salat dan selalu bersyukur dalam kondisi apapun. Juga sabar dan selalu ramah meski dalam kondisi sempit.

Pedoman itu harus dipegang teguh oleh muslimah agar hati menjadi tenang dan pikiran menjadi lebih fresh. Karena pikiran yang stres dan hati yang suntuk akan membuat sel-sel lebih cepat mati yang bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Bisa juga diertai dengan rutin membaca doa awet muda nabi Yusuf

4. Sering berwudhu

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib bagi umat islam sebelum melakukan ibadah salat, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh sobat. Namun, dibalik itu ternyata wudhu mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit sobat dan hal ini telah dibuktikan oleh peneliti dari Austria yaitu Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology.
halaman ke-1
preload video