Jika Waktu Sholat Tiba, Tinggalkanlah Urusan Dunia!

loading...
Jika Waktu Sholat Tiba, Tinggalkanlah Urusan Dunia!
Sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat. Foto/Ist
Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. Demikian firman Allah dalam Surah An-Nisa' Ayat 103. Jika waktu sholat tiba maka tinggalkanlah urusan dunia.

Diriwayatkan bahwa siapa yang memelihara sholat fardhu 5 waktu dan menyempurnakannya, maka sholatnya akan datang dalam keadaan putih berseri-seri. Ia (sholat) berkata: "Semoga Allah memeliharamu sebagaimana engkau memeliharaku."

Baca Juga: Jangan Lewat di Depan Orang yang Sholat, Ini Ancamannya

Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah karya ulama besar Yaman Al-Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad (wafat 1132 H/1712 Masehi) disebutkan, orang yang tidak menyempurnakan sholat, maka sholatnya keluar dalam keadaan hitam kelam. Ia (sholat) akan berkata: "Semoga Allah menyia-nyiakanmu sebagaimana engkau menyia-nyiakanku."

Kemudian sholat itu dilipat seperti baju usang yang dilipat, lalu dipukulkan ke wajahnya. Dalam hadits disebutkan: 'Sesungguhnya sholat itu merupakan ketenangan, sikap tunduk dan sikap khusyu'.



Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم melihat seorang lelaki yang sedang sholat mempermainkan jenggotnya, beliau berkata: "Andaikata hati orang ini khusyu' niscaya anggota-anggota tubuhnya juga khusyu'.

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

"Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." (QS. Al-'Ankabuut: 45)

Di ayat lain, Allah berfirman:

Allah Ta’ala berfirman,

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

"Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'." (QS. Al-Baqarah: 45)

Semoga Allah memberi kita hidayah dan petunjuk dan menjadikan kita golongan orang-orang yang khusyu' dalam sholat. Aamiin.

Baca Juga: Amalan yang Dapat Menggugurkan Dosa Seperti Daun Berguguran
(rhs)
cover top ayah
اِنَّمَا يُرِيۡدُ الشَّيۡطٰنُ اَنۡ يُّوۡقِعَ بَيۡنَكُمُ الۡعَدَاوَةَ وَالۡبَغۡضَآءَ فِى الۡخَمۡرِ وَالۡمَيۡسِرِ وَيَصُدَّكُمۡ عَنۡ ذِكۡرِ اللّٰهِ وَعَنِ الصَّلٰوةِ‌ ۚ فَهَلۡ اَنۡـتُمۡ مُّنۡتَهُوۡنَ
Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat, maka tidakkah kamu mau berhenti?

(QS. Al-Maidah:91)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!