7 Keutamaan Lailatul Qadar dan Doa untuk Mendapatkannya

Selasa, 12 April 2022 - 17:04 WIB
loading...
7 Keutamaan Lailatul Qadar dan Doa untuk Mendapatkannya
Lailatul Qadar juga bermakna Lailatul Tajalli yang artinya malam Allah melimpahkan karunia dan hidayah-Nya kepada mukmin yang taat dan berpuasa di bulan Ramadhan. Foto/Ist
A A A
Besok kita sudah memasuki 10 hari kedua bulan Ramadhan. Tak lama lagi kita akan kedatangan tamu mulia di bulan Ramadhan yang disebut dengan Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar hanya dijumpai setahun sekali. Setiap muslim pasti menginginkan malam penuh kemuliaan itu mengingat keutamaannya yang sangat agung.

Lailatul Qadar juga disebut dengan nama Lailatul Syaraf yang artinya malam kemuliaan atau 'Lailatul Tajalli' yang bermakna malam Allah melimpahkan karunia dan hidayah-Nya kepada orang yang berpuasa dan menghidupkan ibadah di bulan Ramadhan.



Berikut 7 Keutamaan Lailatul Qadar yang hanya diperuntukkan kepada umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

1. Lailatul Qadar Adalah Waktu Diturunkannya Al-Qur'an
Ibnu 'Abbas dan selainnya mengatakan: "Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun." (Tafsir Al-Qur'an Al 'Azhim 14: 403). Inilah salah satu keistimewaan Lailatul Qadar.

2. Lebih Baik dari 1.000 Bulan
Allah Ta’ala berfirman: "Lailatul Qadri Khoirun Min Alfi Syahrin" (Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. An Nakho'i mengatakan: "Amalan di Lailatul Qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan." (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 341).

Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah sholat dan amalan pada Lailatul Qadar lebih baik dari sholat dan puasa di 1.000 bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.

3. Malam Penuh Keberkahan
Allah Ta’ala berfirman: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan." (QS. Ad Dukhon: 3). Malam penuh berkah ini adalah malam "Lailatul Qadar" dan ini sudah menunjukkan keistimewaan malam tersebut, apalagi dirinci dengan poin-poin selanjutnya.

4. Malaikat dan Ar-Ruuh (Jibril) Turun pada Lailatul Qadar
Keistimewaan Lailatul Qadar ditandai pula dengan turunnya Malaikat Jibril. Allah Ta'ala berfirman:

‎تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril" (QS. Al Qadar: 4)

Banyak Malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya barokah (berkah) pada malam tersebut. Karena sekali lagi, turunnya malaikat menandakan turunnya berkah dan rahmat. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al-Qur’an, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis zikir yaitu majelis ilmu. Dan Malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al 'Azhim, 14: 407)

Malaikat Jibril disebut "Ar-Ruuh" dan dispesialkan dalam ayat karena menunjukkan kemuliaan (keutamaan) malaikat tersebut.

5. Lailatul Qadar Disifati dengan Salaam
Yang dimaksud 'Salaam' dalam Surah Al-Qadr ayat 5: "Salamun Hiya hatta Mathlo'il Fajari" (Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar). Artinya, malam tersebut penuh keselamatan di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain. Demikianlah kata Mujahid (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407).

Juga dapat berarti bahwa malam tersebut, banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah (pada malam tersebut). Sungguh hal ini menunjukkan keutamaan luar biasa dari Lailatul Qadar.

6. Malam Dicatatnya Takdir Tahunan
Allah Ta’ala berfirman: "Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah" (QS. Ad Dukhan: 4). Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya (12: 334-335) menerangkan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rezeki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun. Demikian diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, Abu Malik, Mujahid, Adh Dhohak dan ulama salaf lainnya.

Namun perlu dicatat -sebagaimana keterangan dari Imam Nawawi rahimahullah­ dalam Syarh Muslim (8: 57) bahwa catatan takdir tahunan tersebut tentu saja didahului oleh ilmu dan penulisan Allah. Takdir ini nantinya akan ditampakkan pada Malikat dan ia akan mengetahui yang akan terjadi, lalu ia akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya.

7. Orang yang Sholat Malam Lailatul Qadar Diampuni Allah
Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:

‎مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)