Rahasia Menjadi Istri Shalehah? Ini Tipsnya!

Kamis, 10 Juni 2021 - 08:52 WIB
loading...
Rahasia Menjadi Istri Shalehah?  Ini Tipsnya!
Sebab harta, paras, keturunan bukanlah jaminan suatu kebahagiaan. Tapi agama bisa jadi pegangan yang kokoh untuk menggapai dunia dan akhirat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Perempuan dan laki-laki diciptakan Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam kadarnya untuk berpasang-pasangan . Menikah dalam syariat Islam termasuk sunnah yang disenangi Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam. Bahkan, secara khusus Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam menyebutkan kriteria perempuan yang akan dinikahi seorang laki-laki.



Hadis Sahih Riwayat al-Bukhari, menyebutkan :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لاِرْبَعٍ: لِمَالِهَا، وَلِحَسَبِهَا، وَجَمَالِهَا، وَلِدِينِهَا. فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallalahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda:

"Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya.
Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung."



Pesan hadis yang disampaikan: "Jangan menikahi seorang wanita karena wajahnya, keturunannya, atau hartanya saja. Namun carilah wanita yang mempunyai ilmu agama yang baik dan menerapkannya dalam kehidupan , karena wanita itu akan menjadi ibu bagi anak-anak anda kelak.

"Maka hendaklah kau memilih pasangan Karena agamanya niscaya kau Akan beruntung sebaliknya jika tidak kau Akan merugi." (HR.Muslim).

Hadis ini bisa jadi pertimbangan dalam memilih pasangan hidup.



Harta kekayaan memang sangat menarik untuk dijadikan alasan seseorang dalam memilih pasangan hidupnya. Meski harta bukan segalanya namun jika memiliki harta, setidaknya semua kebutuhan bisa terpenuhi. Uang memang bukan segalanya tetapi segalanya membutuhkan uang

Ummat Islam juga dianjurkan memiliki keturunan yang baik dan memilih wanita yang subur. Sebab akan mendapat keturunan. Maka dari Itu sangat penting memperhatikan keturunan atau nasabnya.

Seperti Sabda Nabi Shallalahu 'alaihi wa sallam : "Nikahilah wanita yang penyayang dan subur Karena aku bangga dengan banyaknya ummat ku." (HR.Abu Dawud)



Memilih pasangan dengan berdasarkan parasnya atau fisiknya tidak ada salahnya. Sebab seseorang yang memiliki parasyYang cantik, tentu akan memberikan ketenangan dan senang untuk dipandang.

Lalu, ketika ketiganya tidak dapat didapatkan maka pilihlah pasangan yang selalu memperhatikan agamanya. Sebab harta, paras, keturunan bukanlah jaminan suatu kebahagiaan. Tapi agama bisa jadi pegangan yang kokoh untuk menggapai dunia dan akhirat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tips agar muslimah bisa menjadi istri shalehah yang didambakan laki-laki shaleh juga :

1. Berhias secantik mungkin serta banyak tersenyum ketika suami berada di rumah.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2749 seconds (0.1#10.140)