Inilah Ilmu Tauhid yang Wajib Diajarkan ke Anak Sejak Dini

Minggu, 20 Juni 2021 - 07:36 WIB
loading...
A A A


15. Apa yang dimaksud Tauhid Uluhiyah? Mengesakan Allah dalam hal perbuatan hamba seperti doa, shalat, menyembelih hewan dan sujud.

(Aplikasi tauhid ini adalah dengan meniatkan saat kita beribadah ikhlas karena Allah, bukan untuk sesembahan lain).

16. Apakah Allah memiliki nama-nama dan sifat-sifat? Ya. (Tentu sesuai keagungan, keluhuran dan kemuliaanNya).

17. Dari mana kita mengambil (keyakinan) terhadap nama-nama Allah dan sifat-Nya? Dari Al Qur'an dan As Sunnah.

18. Apakah sifat-sifat Allah (Sang Pencipta) menyerupai sifat-sifat kita (makhlukNya)? Tidak.



19. Apa dalil dari Al Qur'an bahwasanya sifat-sifat Allah tidak menyerupai sifat-sifat kita, makhlukNya? Firman Allah : "Tidak ada yang serupa bagiNya sesuatu apapun, dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS.Asy-Syura:11).

20. Al Qur'an adalah kalam siapa? Allah Subhanahu wa Ta'ala

21. Al Qur'an diturunkan dari sisi Allah atau diciptakan (makhluk)? Diturunkan dari sisi-Nya, difirmankan Allah secara langsung dengan huruf dan suara (melalui malaikat Jibril yang kemudian disampaikan kepada Nabi Muhammad -shallallahu 'alaihi wa sallam-).

22. Apakah yang dimaksud hari kebangkitan? Yaitu peristiwa dibangkitkannya manusia seluruhnya setelah diwafatkannya mereka.



23. Apa Dalil dari Al Qur'an yang menunjukkan bahwa "telah kufur orang yang mengingkari adanya hari kebangkitan"? Firman Allah Ta'ala : "Orang-orang kafir mengira bahwa mereka tidak akan dibangkitkan." (QS.At-Taghabun : 7).

24. Apa dalil dari Al Qur'an yang menunjukkan bahwa Allah akan membangkitkan kita? Firman Allah Ta'ala: "Katakanlah (hai Muhammad): 'Justru -demi Rabbku, sungguh kamu akan benar-benar dibangkitkan'." (QS. At-Taghabun: 7).

25. Ada berapakah Rukun Islam? Ada Lima (5).

26. ada berapakah Rukun Iman? Ada Enam (6).

27. Ada berapakah Rukun Ihsan? Ada Satu (1) : Beribadah kepada Allah seolah-olah melihatNya. Meski tidak dapat melihatNya didunia ini, tapi ketahuilah bahwa Dia senantiasa melihat hambaNya.



28. Apakah definisi Islam? Islam adalah berserah diri kepada Allah dengan mentauhidkanNya, tunduk kepada Allah dengan ketaatan, dan berlepas diri dari perbuatan syirik dan para pelakunya.

29. Apa definisi Iman? Iman adalah (kompilasi dari 3 hal berikut) mengucapkan dengan lisan, meyakini dengan hati, mengamalkan dengan anggota badan. Dan Iman dapat bertambah dengan ketaatan dan dapat berkurang dengan kemaksiatan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2722 seconds (0.1#10.140)