Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?

Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
loading...
Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?
hewan- hewan kurban. Foto istimewa
A A A
Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?



Syariat memerintahkan bahwa melaksanakan kurban pada Hari Raya Idul Adha dan hari-hari Tasyriq (11,12,13 Dzulhijjah). Perintahnya sangat dianjurkan atau sunnah muakkadah . Anjuran menyembelih hewan kurban ditekankan kepada umat Islam yang mempunyai kemampuan harta untuk berkurban bahkan menjadi suatu kewajiban .

Tentang berkurban, Allah Ta'ala firmankan dalam Al-Quran:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka dirikanlah sholat karena Rabbmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.” (QS Al-Kautsar: 2).



Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun selalu berkurban setiap tahun, niat kurban tersebut beliau niatkan untuk dirinya dan keluarganya. Seperti dalam riwayat hadis dari Anas nin Malik radhiallahu’anhu, beliau berkata:

ضحَّى رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ بكبشَيْنِ أقرنيْنِ أملحيْنِ أحدِهما عنهُ وعن أهلِ بيتِه والآخرِ عنهُ وعمَّن لم يُضَحِّ من أمَّتِه

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berqurban dengan dua domba gemuk yang bertanduk, salah satunya untuk diri beliau dan keluarganya dan yang lain untuk orang-orang yang tidak berqurban dari umatnya” (HR. Ibnu Majah no.3122)



Selain Rasulullah, amalan ini juga dipraktikan oleh para sahabat Nabi yang melaksanakan kurban untuk dirinya dan keluarganya. Mereka memakan sebagian daging kurban kemudian selebihnya mereka berikan kepada orang lain atau yang lebih membutuhkan.

"Kurban adalah sunnah setiap tahun atas setiap orang. Artinya kalau Anda ingin memberikan kurban kepada orang lain sah-sah saja," kata Buaya Yahya, pengasuh Al Bahjah Cirebon ini saat menjawab pertanyaan jamaahnya dalam tayangan Youtube-nya, baru-baru ini.



"Tapi kalau bisa Anda juga tetap cari kambing lagi (kurban) dong. Mungkin ada rezeki. Kalau memberikan kurban kepada orang agar ia berkurban. Misalnya, kita sembelihkan kambing kita berikan kepada orang lain agar dia berkurban, maka orang itulah yang mendapat kurban," terangnya.

Buya Yahya menjelaskan, yang memberikannya mendapat pahala menolong orang berkurban, berderma, dan bersedekah. "Ada kesenanagan bagi orang tua, kegembiraan, mungkin orang tua rindu karena selama ini tidak sempat berkurban, gak punya uang," ujar Buya Yahya.



Ia menegaskan soal kurban perlu penekanan bahwa kurban merupakan sunnah setiap tahunnya. Bukan seumur hidup sekali. "Seperti sebagaian orang kalau ditanya 'Sudah kurban bu? Sudah. Kapan? 5 tahun yang lalu'," Buya Yahya mencontohkan.

Buya Yahya menekankan, bahwa kurban itu setiap tahun bukan seumur hidup sekali. Bagi yang mampu, silakan setiap tahun berkurban. Sedangkan niatnya untuk siapa berkurban silakan saja, itu sebagai pahala sedekah dan berderma.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)