Meneladani Ibrahim: Teladan dalam Membangun Komunitas Umat (Bagian 1)

Minggu, 25 Juli 2021 - 09:36 WIB
loading...
A A A
Hingga suatu ketika Ibrahim dengan darah mudanya, diam-diam menghancurkan berhala-berhala yang ada di rumah ibadah masyarakatnya. Dan itu dilakukan di saat raja dan sebagian masyarakat sedang keluar daerah untuk pelasiran. Ibrahim menghancurkan semua paying itu kecuali yang terbesar. Kampak yang dipakai pun digantungkan ke pundak patung besar itu.

Sekembali dari pelasiran sang raja bergegas ke rumah ibadah untuk melakukan ritual ibadah. Ternyata patung-patung mereka telah hancur kecuali patung terbesar. Sang raja marah besar dan meminta agar yang melakukan pengrusakan itu ditangkap.

Singkat cerita Ibrahim pun ditangkap dan dihadirkan ke hadapan sang raja. Di sìnilah terjadi dialog yang menegangkan, tapi sangat menarik untuk disimak:

Raja: "Wahai Ibrahim, kamukah yang merusak tuhan-tuhan kami"? Ibrahim: "Justru yang besar ini telah melakukannya maka tanya dia kalau dia bisa berbicara."

Di saat itulah sang raja dan pengikutnya tersadarkan. Sadar akan kezaliman (kesyirikan) yang mereka lakukan itu salah. Seburuk apapun manusia nurani atau sinar fitrahnya akan memancar. Di saat itulah manusia sadar akan kezholiman yang dilakukannya.

Di sisi lain Ibrahim menemukan pintu masuk untuk berdakwah. Dia berkata kepada sang raja dan rakyatnya: “kenapa kalian menyembah sesuatu yang tidak paham dan tidak berbicara”?

Pelajaran penting dari penggalan sejarah ini adalah bahwa Dakwah itu memerlukan intelijensia yang tinggi. Selain intelijensia Dakwah juga memerlukan kemampuan komunikasi (commmunication skill) yang handal. Dan Ibrahim adalah sosok yang pintar dan memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa.

Wawasan dan pemikiran yang luas dalam dakwah, didukung oleh skill komunikasi yang handal menjadikan pesan-pesan keislaman akan lebih efektif dan bermakna. Sayang memang seringkali Dakwah yang kita lakukan berwawasan sempit. Apalagi Dakwah itu memakai “komunikasi bolduzer” yang menyeramkan. Dakwah jadinya bukan ajakan. Justeru berbalik menjadi pengusiran.

Lalu apa yang terjadi kepada Ibrahim selanjutnya?

(Bersambung)!

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)