Pentingnya Menjaga Kerukunan, Pemuda Lintas Agama Serukan Persatuan

Rabu, 27 Oktober 2021 - 21:42 WIB
loading...
Pentingnya Menjaga Kerukunan, Pemuda Lintas Agama Serukan Persatuan
Dialog pemuda lintas agama yang digelar FKUB Jakpus melahirkan seruan bersama untuk menjaga kerukunan. Foto/ist
A A A
Kehidupan yang damai, rukundan saling toleran merupakan dambaan semua umat beragama. Betapa pentingnya menjaga kerukunan sehingga mendorong Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Jakarta Pusat untuk menggelar dialog pemuda lintas agama.

Sekretaris FKUB Jakarta Pusat Nanda Khairiyah mengungkapkan pihaknya merasa peduli untuk merawat kerukunan umat beragama di Jakarta. Dalam dialog lintas agama yang digelarnya melahirkan seruan bersama pemuda lintas agama yang dideklarasikan Rabu 27 Oktober 2021 di Jakarta.

"Kegiatan ini adalah wujud kepedulian FKUB dalam merawat pemuda sebagai pemegang tongkat estafet kerukunan di Jakarta," kata Nanda dalam siaran persnya.

Wali Kota Jakarta Pusat H Dhani Sukma hadir membuka kegiatan yang berlokasi di Berca Building tersebut. Dhani menekankan keberadaan pemuda lintas agama sangat penting untuk mengokohkan persatuan dan kerukunan.

Sebagai narasumber hadir Prof Irfan Idris selaku Plt Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi dan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakri. Irfan Idris dalam paparannya menyoroti moderasi beragama yang perlu dikuatkan di kalangan pemuda. "Pelaku teroris adalah mereka yang salah penafsiran soal agama," paparnya.

Senada dengan itu, Taufan Bakri mengapresiasi kegiatan FKUB yang telah menghadirkan pemuda lintas agama. Dialog ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Berbagai perwakilan organisasi kepemudaan lintas agama hadir di antaranya, pengurus PMII Jakpus, HMI Cabang Jakpus, GP Anshor Jakpus, PKOSB DPD LDII Jakpus, Pemuda Muhammadiyah Jakpus, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jakpus, Ketua HAAK Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Kesatuan Aksi Pemuda Kristen Indonesia (KAPKI) DKI Jakarta, PC Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI) Jakpus, Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (PERADAH) DKI Jakarta, PD Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia(KMHDI) DKI Jakarta, Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (PAKIN) DKI Jakarta, Kwarcab Pramuka, Karang Taruna Jakpus, Duta Damai BNPT Pusat dan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta.

Berikut Seruan Pemuda Lintas Agama:
1. Untuk kita sebagai pemuda Indonesia, terus merawat kesatuan dan persatauan yang sudah diperjuangkan oleh para pendahulu kita sebagai
kekayaan, keunikan dan warisan bangsa yang kita cintai ini.
2. Menanggalkan sekat-sekat ekstremisme, intoleransi dan segala bentuk kekerasan dengan alasan apapun juga, apalagi dengan alasan agama.
3. Mendukung dan menjalankan moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, guna semakin terpeliharanya kehidupan bangsa kita yang rukun, damai, beradab, modern dan maju.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)