Abbas Bin Firnas, Inspirator Ilmuwan Barat untuk Kembangkan Pesawat

loading...
Abbas Bin Firnas, Inspirator Ilmuwan Barat untuk Kembangkan Pesawat
Ilustrasi Abbas bin Firnas saat menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 (dribbble.com)
Wright adalah penemu dan penerbang pesawat terbang pertama. Namun, keberhasilan Abbas bin Firnas (Ibnu Firnas) menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 adalah pemberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat.

Baca juga: Asy-Syifa binti Abdullah, Sosok Ilmuwan Wanita Pertama dalam Islam

Spesialisasi yang Abbas bin Firnas tekuni adalah ilmu mekanik. Muhammad Gharib Gaudah dalam bukunya berjudul Ilmuwan Terkemuka dalam Sejarah Islam menyebut dua temuan penting Abbas bin Firnas.

Pertama, Al-Miqatah. Ini merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menentukan waktu yang dioperasikan dengan tenaga air.

Kedua, maket kubah langit. Kapal terbang dengan dua sayap yang dapat bergerak, dibuktikan dengan pengujian menerbangkannya dari Masjid Kordoba.

Ibn Firnas berhasil terbang menggunakan glider, alat terbang sederhana yang dilengkapi sayap. Alat terbang Ibn Firnas memang masih sederhana. Namun, keberhasilan Ibn Firnas menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat.

Atraksi Armen Firman
Abbas bin Firnas (810–887) juga dikenal sebagai Abbas Abu al-Qasim bin Firnas ibn Wirdas al-Takurini. Dia adalah seorang polimatik Andalusia: seorang penemu, fisikawan, kimiawan, teknisi, musisi Andalusia dan penyair berbahasa Arab.

Ia lahir di Izn-Rand Onda, Al-Andalus (sekarang Ronda, Spanyol), tinggal di Kekhalifahan Córdoba, dan dikenal karena perupaya melakukan penerbangan.

Pria Maroko ini hidup pada masa pemerintahan Khalifah Umayyah di Andalusia (Spanyol).

Semasa hidupnya, seorang genius yang hidup di Cordoba ini dikenal sebagai ilmuwan serba bisa dan menguasai beragam disiplin ilmu pengetahuan.
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَوۡ يُعَجِّلُ اللّٰهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسۡتِعۡجَالَهُمۡ بِالۡخَيۡرِ لَـقُضِىَ اِلَيۡهِمۡ اَجَلُهُمۡ‌ؕ فَنَذَرُ الَّذِيۡنَ لَا يَرۡجُوۡنَ لِقَآءَنَا فِىۡ طُغۡيَانِهِمۡ يَعۡمَهُوۡنَ‏
Jika Allah menyegerakan keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pasti diakhiri umur mereka. Namun Kami biarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami, bergelimang dalam kesesatan.

(QS. Yunus:11)
cover bottom ayah
preload video