Sah, Hukum Salat Jum’at Model Shift? MUI Akui Ada Dua Pendapat

Jum'at, 05 Juni 2020 - 18:50 WIB
loading...
Sah, Hukum Salat Jum’at Model Shift? MUI Akui Ada Dua Pendapat
MUI juga merkomendasikan agar pelaksanaan salat Jumat dan jamaah perlu tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa sajadah sendiri, wudu dari rumah, dan menjaga jarak aman. FOTO/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Jumat dan Jamaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid-19 .

Dalam salah satu poinnya mengenai pelaksanaan salat Jumat, dijelaskan bahwa pada dasarnya salat Jum’at hanya boleh diselenggarakan satu kali di satu masjid pada satu kawasan.

Dan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 maka penyelenggaraan salat Jumat boleh menerapkan physical distancing (jaga jarak) dengan cara perenggangansaf(barisan salat).

"Jika jamaah salat Jum’at tidak dapat tertampung karena adanya penerapanphysical distancingmaka boleh dilakukanta’addud al-jumu’ah(penyelenggaraan salat Jum’at berbilang), dengan menyelenggarakan salat Jum’at di tempat lainnya seperti musala, aula, gedung pertemuan, gedung olahraga, dan stadion," ujar Ketua Komisi Fatwa MUI Prof Dr H Hasanuddin AF dalam keterangan tertulis kepadaSINDOnews, Jumat (5/6/2020).



Berikutnya, kata Hasanuddin, dalam hal masjid dan tempat lain masih tidak menampung jamaah salat Jum’at dan/atau tidak ada tempat lain untuk pelaksanaan salat Jum’at maka Sidang Komisi Fatwa MUI berbeda pendapat terhadap jamaah yang belum dapat melaksanakan salat Jum’at sebagai berikut:

Pendapat pertama atau poin a, jamaah boleh menyelenggarakan salat Jum’at di masjid atau tempat lain yang telah melaksanakan salat jum’at dengan model shift. "Dan pelaksanaan salat Jum’at dengan model shift hukumnya sah," tuturnya.



Pendapat kedua atau poin b, jamaah melaksanakan salat zuhur, baik secara sendiri maupun berjamaah, dan pelaksanaan salat Jum’at dengan model shift hukumnya tidak sah.

"Terhadap perbedaan pendapat di atas (poin a dan b) dalam pelaksanaannya jamaah dapat memilih salah satu di antara dua pendapat dengan mempertimbangkan keadaan dan kemaslahatan di wilayah masing-masing," paparnya.



Dalam fatwa tersebut, MUI juga merkomendasikan agar pelaksanaan salat Jumat dan jamaah perlu tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa sajadah sendiri, wudu dari rumah, dan menjaga jarak aman.
"Perlu memperpendek pelaksanaan khutbah Jum’at dan memilih bacaan surat al-Quran yang pendek saat salat. Jamaah yang sedang sakit dianjurkan salat di kediaman masing-masing,". tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengeluarkan edaran panduan beribadah di masjid selama pandemi Covid-19. Salah satunya mengenai tata cara salatJumat. "Karena itu, kita menganjurkan untuk salat Jumat dua kali, dua shitf," kata JK di Jakarta, Selasa (2/6/2020). ( )
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2040 seconds (0.1#10.140)