Manfaat Baca Al-Qur'an dan Amalan Menjelang Zuhur

Kamis, 13 Januari 2022 - 22:58 WIB
loading...
Manfaat Baca Al-Quran dan Amalan Menjelang Zuhur
Satu-satunya jawaban terbaik untuk menemukan solusi masalah hidup hanya ada dalam Al-Quran. Foto/MNC Shop
A A A
Setiap muslim wajib tahu keutamaan waktu menjelang Zuhur. Ada amalan berfaedah besar yang bisa dikerjakan menjelang waktu Sholat Zuhur, yaitu tidur sebentar dan sholat sunah empat rakaat.

Mengutip dari laman NU Online, Dosen Fakultas Agama Islam UNU Surakarta, Ustadz Jaenuri menjelaskan ada satu bab menarik untuk dikaji bersama adalah Kitab Adab al-Isti'dad Lisairi ash-Shalawat. Bab ini dimulai pembahasan persiapan menjelang Sholat Zuhur.

1. Tidur Sebentar (Qailulah)
Fataqaddim al-qailulata (maka dahulukan qailulah) merupakan amalan pertama yang ditulis Ustadz Jaenuri. Menurut Syekh Nawawi, qailulah adalah tidur di tengah hari. Salah satu keutamaannya adalah dapat menolong agar bisa bangun malam.

Qailulah merupakan tidur sebentar menjelang datangnya waktu Sholat Zuhur. Dalam kitabnya, Syekh Nawawi menambahkan bahwa hendaknya bangun dari qailulah sebelum matahari tergelincir (sebelum datang waktu zuhur). Kemudian mengambil air wudhu hingga terdengar suara Azan dan menjawab setiap seruannya.

2. Sholat Sunnah 4 Rakaat
Amalan kedua adalah sholat sunnah empat rakaat sebelum melaksanakan Sholat Zuhur.

(كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُطَوِّلُهُنَّ) اي هذه الركعات (وَيَقُوْلُ هَذَا) اي وقت الزوال (وَقْتٌ تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعُ لِيْ فِيْهِ) (عَمَلٌ صَالِحٌ) كما رواه أبو أيوب ألأنصاري

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallama memanjangkan sholatnya (empat rakaat), dan bersabda, 'Waktu tergelincirnya matahari adalah waktu dibukanya pintu-pintu langit, maka aku lebih suka amal baikku diangkat pada waktu tersebut'. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Ayub al-Anshari." (Syekh Nawawi al-Jawi dalam Syarah Maraqil Ubudiyah, Semarang: Toha Putra, halaman 36–37).

Melanjutkan sabdanya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan keutamaan sholat empat rakaat, berdasarkan riwayat dari Abi Hurairah radhiallahu 'anhu:

(أَنَّ مَنْ صَلَاهُنَّ) اي اربع ركعات بعد زوال الشمس (فَأَحْسَنَ رَكُوْعَهُنَّ وَسُجُوْدَهُنَّ) اي وقراءتهن (صَلَّى مَعَهُ سَبْعُوْنَ أَلْفِ مَلَكٍ يَسْتَغْفِرُوْنَ لَهُ إِلَى اللَّيْلِ)

Artinya: "Sungguh barang siapa sholat empat rakaat (setelah matahari tergelincir) dengan menyempurnakan rukuk, sujud, dan bacaannya, maka sholat bersamanya 70 ribu malaikat, dan mereka memohonkan ampunan baginya sampai waktu malam."

Dua waktu tersebut adalah waktu sibuk-sibuknya orang dengan urusan duniawi. Bukan saja tidak sempat Qailulah, makan saja sering kali terabaikan.

Cara untuk mengatur waktu yang baik adalah dengan senantiasa memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan bermuhasabah diri. Selain itu, agar setiap waktunya bernilai positif mulailah dengan menyeimbangkan amal dunia dan akhirat. Pada akhirnya akan mendapat keberkahan waktu, umur, dan mencapai kesempurnaan diri.

Menanggapi ini, Head of Merchandiser eMSHOP, Khilqa Putri menjelaskan agar juga membaca Al-Qur'an setiap hari dan berserah sepenuhnya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk dimudahkan dalam mengatasi setiap masalah kehidupan.

Ia juga menjelaskan Al-Qur'an yang cocok untuk dibaca dan dipelajari dengan mudah adalah EduQuran. EduQuran dilengkapi dengan tajwid warna beserta penjelasan. Selain itu terdapat terjemahan standar kementrian Agama yang terbaru dan juga hadist fadhilah (hadist-hadist pilihan).

"Satu-satunya jawaban terbaik untuk menemukan jawaban tentang masalah hidup kita hanya ada dalam Al-Qur'an dan berserah penuh pada Allah. Untuk memulai mendalami isi Al-Quran, EduQuran sangat cocok untuk dipelajari dengan tajwid warna beserta penjelasan," ucap Khilqa Putri, MSHOP, Rabu (10/1/2022).

Paket exclusive EduQuran dilengkapi dengan kalung dan gelang kesehatan Al Akbar, parfum wangi kiswah, dan tasbih.
Kalung dan gelang kesehatan Al Akbar terbuat dari batu gwisamunsok yang mengandung Ion negative, sinar infra red, dan bio magnetic.

Ion Negative memiliki fungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sinar infra red, membantu mengencerkan darah yang ada di dalam tubuh kita dan bio magnetic bisa membantu meningkatkan suplai oksigen dalam darah sehingga tubuh tetap fit.

"Kalung dan gelang kesehatan Al Akbar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung Ion negative, sinar infra red, dan bio magnetic," tambah Khilqa.

Produk EduQuran dapat ditemukan di www.emshop.id atau download applikasi eMSHOP di Play Store. Anda dapat melihat penawaran produk dan promo lainnya pada laman @officialrcti, @officialmnctv, @officialgtv dan tentunya di @emshop_officials.

eMSHOP, e-commerce yang berada di bawah MNC Group ini menjadi penyedia kebutuhan sehari-hari terlengkap dan paling mengikuti tren dan minat masyarakat. Selain itu, eMSHOP juga memiliki keunggulan lain berupa jaminan kualitas produk original dan paket terlengkap dengan harga bersaing. Juga ada diskon pengiriman di seluruh Indonesia serta layanan service 24 jam yang dapat dihubungi di 1500887.

Ikuti juga eMSHOP di media social: Facebook (@emshop.official), Twitter (@emshopofficial), Instagram (@emshop_officials), dan Tiktok (@emshop_official).

#emshop #mncecommerce #thebestonlinespecialtystore #lawancovid #EduQuran

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)