alexametrics

Awas, puluhan bus mudik tak laik jalan

loading...
Awas, puluhan bus mudik tak laik jalan
Petugas gabungan dari Dishub dan Polres Jombang melakukan razia. (Mukhtar/SindoTV)
Sindonews.com - Menjelang lebaran, petugas gabungan dari Dinas Perhubungan dan Polres Jombang, jawa Timur menggelar razia bus pengangkut penumpang disejumlah terminal.

Hasilnya cukup mencengangkan, petugas gabungan menemukan puluhan bus tak laik jalan karena kondisinya sangat membahayakan.

Beberapa bagian bus seperti ban gundul, kaca retak, lampu mati, hingga kipas kaca yang tidak berfungsi membuat penumpang harus bertaruh nyawa selama perjalanan mudik.



Untuk itu petugas mengimbau agar para pemudik berhati-hati dalam memilih kendaraan untuk mengantarkannya pulang kampung.

Razia yang dilakukan secara mendadak di Terminal Kota Jombang ini cukup membuat shock therapy bagi awak bus yang nakal. Begitu bus masuk terminal, sejumlah petugas langsung memeriksa kelengkapan dan kondisi kendaraan.

Dari hasil razia ini, terdapat puluhan bus yang terindikasi tidak laik jalan. Misalnya saja ada bus yang bannya robek atau lampunya mati. Ada juga bus yang kacanya pecah dan pembersih kacanya tidak berfungsi.

Untuk bus yang tidak laik jalan ini, petuga gabungan langsung memberi surat tilang dan diimbau untuk segera memperbaikinya. Jika masih nekat, petugas akan mengandangkannya dan mencabut izin trayek bus tersebut.

Kassie Pengendalian Operasi Dishub Jombang Ahmad Kemal mengatakan, jauh-jauh hari pihaknya sudah memantau kelaikan kendaraan bus. "Memang banyak sopir nekat yang tetap beroperasi walau kendaraannya ada masalah. Makanya kita antisipasi dari sekarang," katanya, Rabu (8/8/2012).
(ysw)
cover top ayah
قُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَغُـضُّوۡا مِنۡ اَبۡصَارِهِمۡ وَيَحۡفَظُوۡا فُرُوۡجَهُمۡ‌ ؕ ذٰ لِكَ اَزۡكٰى لَهُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا يَصۡنَـعُوۡنَ
Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

(QS. An-Nur:30)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak