Jemaah Toriqoh Nahsabandiyah baru lebaran hari ini

Senin, 20 Agustus 2012 - 04:02 WIB
Jemaah Toriqoh Nahsabandiyah baru lebaran hari ini
Jemaah Toriqoh Nahsabandiyah baru lebaran hari ini
A A A
Sindonews.com - Jemaah Toriqoh Nahsabandiyah Kholidiyah Al-aliyah di Jombang baru merayakan Idul Fitri hari ini, Senin (20/8/2012). Hal itu, karena tim rukyat yang ditunjuk jemaah ini belum melihat bulan pada Sabtu 18 Agustus 2012 lalu.

Pimpinan Jemaah Toriqoh Nahsabandiyah Kholidiyah Al-aliyah Nasuha Anwar mengatakan, jemaahnya masih melakukan puasa pada 19 Agustus 2012 lalu, meskipun pemerintah telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada hari itu.

"Karena tim rukyat belum melihat bulan, maka sesuai ketentuan yang ada dalam Alquran dan Hadist, kami menggenapkan puasa menjadi 30 hari. Dan baru akan merayakan lebaran, serta sholat Ied pada Senin pagi," katanya di Jombang, Jawa Timur, Minggu 19 Agustus 2012.

Meski merayakan Idul Fitri pada hari yang berbeda, dia meminta seluruh pihak untuk menghormati dan tidak mempersoalkan perbedaan tersebut. "Keputusan kami berdasarkan pada rukyat, dan bukan ikut-ikutan pada keputusan pemerintah atau ormas (organisasi kemasyarakatan) tertentu," ujarnya.

Jemaah Toriqoh Nahsabandiyah Kholidiyah Al-aliyah yang berpusat di Dusun Kapas, Desa Dukuh Klopo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memilih untuk tetap tinggal di dalam rumah saat sebagian besar umat Islam merayakan lebaran.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4633 seconds (0.1#10.140)