Rambut dan Janggut Rasulullah SAW Akan Dipamerkan di Padangsidimpuan Besok

Senin, 31 Januari 2022 - 20:20 WIB
loading...
Rambut dan Janggut Rasulullah SAW Akan Dipamerkan di Padangsidimpuan Besok
Beberapa artefak peninggalan Rasulullah di antaranya rambut dan janggut Nabi akan dipamerkan di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, besok Selasa (1/2/2022). Foto/Rusman H Siregar
A A A
Warga muslim di Kota Padangsidimpuan Sumatera Utara patut gembira dan bersyukur. Insya Allah besok benda-benda peninggalan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) akan dipamerkan kepada publik, Selasa-Rabu (1-2 Februari 2022).

Jika selama ini hanya bisa disaksikan lewat rekaman video, kini umat muslim di Padangsidimpuan dapat melihat langsung benda-benda yang pernah dipakai oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Tentu ini sebuah kebahagiaan karena tidak semua umat muslim bisa melihat langsung barang-barang peninggalan Rasulullah.

Ketua Panitia Pameran Artefak Peninggalan Rasulullah Buya Muhammad Arkan Lc MA mengatakan, pameran artefak Baginda Rasulullah ini untuk menambah kecintaan umat Islam kepada Baginda Nabi Muhammad. Tidak bermaksud mengkultuskan benda-benda tersebut, tetapi ingin mengenalkan lebih dekat peninggalan Nabi kepada umat muslim, khususnya di wilayah Tapanuli bagian Selatan.

"Kita ketahui sebaik-baik peninggalan Rasulullah adalah Al-Qur'an dan Sunnah. Melalui pameran artefak ini, kita berharap umat muslim semakin mencintai Rasulullah dan dimudahkan menjalankan sunnah-sunnah Nabi," kata Buya Arkan kepada SINDOnews, kemarin.

Adapun benda-benda peninggalan Nabi yang bakal dipamerkan di antaranya: rambut Nabi, Sorban Nabi, kiswah penutup Makam Nabi, janggut Nabi, darah bekam Nabi, reflika tongkat Nabi, panah Nabi, siwak Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Buya Arkan menjelaskan, pameran Artefak Rasulullah ini diprakarsai oleh Aliansi Ummat Islam Tabagsel dan Dewan Dakwah Kota Padangsidimpuan. Artefak Nabi ini merupakan warisan Museum Artefak Rasulullah (MAR) milik arkeolog asal Malaysia (alm) Prof Dr H Abdul Manan Embong.

Lembaga penjamin keaslian artefak Nabi ialah Saudi Commision for Tourism dan National Heritage. Benda-benda ini diperoleh dari berbagai negara seperti Arab Saudi, Yordania, Turki hingga Syiria.

Lokasi Pameran
Pameran Artefak Rasulullah di Kota Padangsidimpuan ini merupakan rangkaian roadshow untuk wilayah Sumatera. Untuk daerah Tapanuli Bagian Selatan dipusatkan di satu tempat yaitu Aula SMK Negeri 1 Kota Padangsidimpuan, Kompleks Sadabuan.

Koordinator Pelaksana dan Perlengkapan Pameran, Ganti Tua Siregar didampingi Yunus Hasibuan dan Sekretaris Fakhruddin Hasibuan, mengungkapkan, pameran ini akan berlangsung dua hari dan menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung.

Bagi yang ingin menyaksikan langsung pameran Artefak Nabi, pengunjung dikenakan biaya infaq untuk pelajar/santri Rp10.000 dan kalangan umum Rp25.000.

"Semoga dengan pameran Artefak Nabi ini, umat muslim di Padangsidimpuan dan wilayah Tabagsel mendapat keberkahan dan semakin menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam," kata Ganti.

Sebelumnya, artefak Nabi ini telah dipamerkan di Padepokan Majelis Taqlim Kota Langsa, Aceh. Kemudian dibawa ke Madrasah Tuan Guru Babussalam Desa Besilam Babussalam Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga berkesempatan melihat dan mencium artefak Rasulullah di Masjid Baitussolihin, Jalan Karya Bakti, Medan Johor.

Lihat Juga Video: 11 Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di Sampang
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)