Hati-hati Tanduk Setan, Ini Batas Akhir Waktu Sholat Ashar

Rabu, 16 Februari 2022 - 11:29 WIB
loading...
Hati-hati Tanduk Setan, Ini Batas Akhir Waktu Sholat Ashar
Umat Islam wajib mengetahui batas akhir waktu sholat agar tidak dihukumi sholatnya orang munafik. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Umat Islam perlu mengetahui kapan batas akhir waktu sholat fardhu. Kali ini kita membahas batasan waktu sholat Ashar.

Meskipun waktu sholat itu sambung menyambung antara sebelumnya dan sesudahnya (kecuali sholat Subuh), umat muslim perlu hati-hati ketika melaksanakan sholat Ashar. Sebab ada peringatan dari Nabi, dilarang sholat ketika matahari berada di antara dua tanduk setan.

Baca Juga: Utsman Bin Affan: 9 Kemuliaan Bagi yang Shalat Tepat Waktu

Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat menjelaskan, waktu sholat Ashar dimulai ketika waktu sholat Zhuhur habis yaitu sejak panjang bayangan suatu benda menjadi sama panjangnya dengan panjang benda itu sendiri.

Selesainya waktu sholat Ashar ketika matahari tenggelam di ufuk barat. Dalil yang menunjukkan hal ini antara lain hadis berikut:

Dari Abi Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang mendapatkan satu rakaat dari sholat Subuh sebelum tebit matahari, maka dia termasuk orang yang mendapatkan sholat shubuh. Dan orang yang mendapatkan satu rakaat sholat Ashar sebelum matahari terbenam, maka dia termasuk mendapatkan shalat Ashar." (HR Muslim dan enam imam hadits lainnya)

"Namun jumhur ulama mengatakan dimakruhkan sholat Ashar tatkala sinar matahari sudah mulai menguning yang menandakan sebentar lagi akan terbenam. Sebab ada Hadis Nabi menyebutkan bahwa sholat di waktu itu adalah shalatnya orang munafiq," terang Ustaz Ahmad Sarwat dikutip dari rumahfiqih.

Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Itu adalah sholatnya orang munafik yang duduk menghadap matahari hingga saat matahari berada di antara dua tanduk setan, dia berdiri dan membungkuk 4 kali, tidak menyebut nama Allah kecuali sedikit." (HR Jamaah kecuali Al-Bukhari dan Ibnu Majah)

Bahkan ada hadis yang menyebutkan bahwa waktu Ashar sudah berakhir sebelum matahari terbenam. Yaitu pada saat sinar matahari mulai menguning di ufuk barat sebelum terbenam.

Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Dan waktu shalat Ashar sebelum matahari menguning." (HR Muslim)

Untuk diketahui, sholat Ashar adalah sholat Wustha menurut sebagian besar ulama. Dasarnya adalah hadis Aisyah radhiyallahu 'anha.

Rasulullah SAW membaca ayat: "Peliharalah sholat-sholatmu dan sholat Wustha." Dan shalat Wustha adalah sholat Ashar. (HR. Abu Daud dan Tirmizy dan dishahihkannya)

Demikian penjelasan tentang akhir waktu sholat Ashar. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa melaksanakan sholat fardhu di awal waktu.

Baca Juga: Awal dan Batas Akhir Waktu Sholat Zuhur
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2825 seconds (11.210#12.26)