Inilah Amalan bagi Wanita Haid agar Tetap Mendapat Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Senin, 25 April 2022 - 16:52 WIB
loading...
Inilah Amalan bagi Wanita Haid agar Tetap Mendapat Keutamaan Malam Lailatul Qadar
Seorang wanita haid masih bisa mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar, yakni dengan mengamalkan beberapa amalan di antaranya terus berzikir dan berdoa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di malam-malam terakhir bulan Ramadhan, hampir umat muslim yang menjalankan ibadah puasa tengah menanti-nanti untuk mendapat keutamaan malam Lailatul Qadar . Malam terbaikdi antara malam-malam lain dalam setahun, yangberibadahdi dalamnya bernilai lebih dari 1000 bulan. Lantas bagaimana dengan seorang muslimah yang sedang haid ? Bisakah ia mendapat keutamaan malam Lailatul Qadar ini?

Adh-Dhahak seorang tabiin yang dikenal sebagai bejana ilmu, pernah ditanya, “Bagaimana pendapatmu tentang wanita nifas, haid, musafir, dan orang yang tidur; apakah mereka bisa mendapatkan bagian dari Lailatul Qadar?”

Adh-Dhahak pun menjawab, “Iya, mereka tetap bisa mendapatkan bagian. Setiap orang yang Allah terima amalannya akan mendapatkan bagian Lailatul Qadr.” (Kitab Lathaif Al-Ma’arif)



Juga Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang hamba sakit atau melakukan safar, maka dicatat baginya pahala sebagaimana kebiasaan dia ketika mukim dan ketika sehat.” (HR Bukhari)

Pertama harus dipahami, bahwa saat wanita mendapatkan haid, dia tidak sholat di masa itu, dan itu adalah bagian ketaatan pada Allah. Artinya, muslimah yang sedang berhalangan saat haid, apabila di bulan Ramadhan mereka senantiasa mendawamkan sholat qiyamul lail, maka pada saat haid pun pahala itu akan tetap tercatat baginya meskipun dia sedang berhalangan untuk sholat.

Adapun iktikafnya Muslimah adalah lebih utama di rumahnya, dan jumhur ulama berpendapat bahwa wanita haid tidak dibolehkan masuk ke dalam masjid.

Ustadz Felix Siauwyang dikutip di lama instagramnya, selain sholat, masih ada amalan-amalan yang bisa dilakukan muslimah untuk menghidupkan malam (qiyamul lail) Ramadhan, di antaranya :

1. Membaca dan mengulang-ulang Al-Qur'an yang sudah dihafalkan
2. Berzikir, berdoa dan beristighfar yang banyak
3. Membaca buku tentang tsaqafah Islam, mendengarkan kajian Islam
4. Khususnya doa "Allahumma innaka afwun, tuhibbul afwa fa'fuanni"

Yang artinya, "Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, menyukai memberi ampun, maka ampunilah aku". Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)