Mereka yang Pasti Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Syaikh Al-Utsaimin

Rabu, 27 April 2022 - 14:48 WIB
loading...
Mereka yang Pasti Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Syaikh Al-Utsaimin
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Usaimin. (Foto/Ilustrasi: Ist)
A A A
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam kitab "Majmu Fatawa Arkanil Islam" mengatakan barangsiapa beribadah pada setiap malam dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan , karena keimanan dan keikhlasan maka ia pasti mendapatkan Lailatul Qadar sama saja apakah terjadi di awalnya, pertengahannya ataupun akhirnya.



Tidak diragukan lagi bahwa Lailatul Qadar terjadi pada bulan Ramadhan. Allah berfirman.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ


Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan” [ QS Al-Qadar /97 : 1]

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga menjelaskan dalam ayat yang lain bahwa Dia telah menurunkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ


“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an” [ QS Al-Baqarah /2 : 185]



Dalam hadis Riwayat Bukhari dalam “Fadhlu Lailatul Qadri” Bab Mencari Lailatul Qadar disebutkan bahwa Rasulullah pernah beriktikaf pada sepuluh malam pertama bulan Ramadhan untuk mencari Lailatul Qadar, lalu beriktikaf pada sepuluh malam pertengahan, hingga beliau melihat Lailatul Qadar ini pada sepuluh malam terkakhir pada bulan Ramadhan.

Kemudian terjadi persamaan mimpi di antara beberapa sahabat Nabi SAW bahwa ia terjadi tujuh malam terakhir dari Ramadhan.

Lalu beliau SAW bersabda:

أَرَى رُؤْيَاكُمْ قَدْ تَوَاطَأَتْ فِى السَّبْعِ الأَوَاخِرِ ، فَمَنْ كَانَ مُتَحَرِّيَهَا فَلْيَتَحَرَّهَا فِى السَّبْعِ الأَوَاخِرِ

“Saya melihat bahwa mimpi kalian saling bersesuaian terjadi pada tujuh malam terakhir. Maka barangsiapa yang ingin mencarinya hendaklah ia mencarinya pada tujuh malam terakhir”

Inilah pembatasan yang paling minimal dari penentuan dalam waktu tertentu.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan jika kita memperhatikan dalil-dalil tentang Lailatul Qadar, akan jelas bagi kita bahwa Lailatul Qadar itu berpindah dari satu malam ke malam lainnya.

Ia tidak terbatas dengan satu hari tertentu pada setiap tahunnya. Nabi pernah diberi tahu dalam tidurnya tentang Lailatul Qadar. Sedangkan pagi harinya beliau sujud di atas tanah yang tergenang air yang mana malam itu adalah malam ke dua puluh satu.



Hal ini tercantum dalam hadis riwayat Bukhari dalam “Fadhilah Lailatul Qadar” Bab Mencari Lailatul Qadar (2015). Dan Muslim Dalam “Shiyam” Bab Keutamaan Lailatul Qadar (215).

Nabi Muhammad SAW juga bersabda.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)