Alumnus Ponpes Daarul Qur'an Jadi Peserta Konferensi Kaligrafi di Kairo

Minggu, 08 Mei 2022 - 03:59 WIB
loading...
Alumnus Ponpes Daarul Quran Jadi Peserta Konferensi Kaligrafi di Kairo
Alumnus Pesantren Tahfizh Daarul Quran, Fauzan Firmansyah terpilih menjadi peserta Konferensi Kaligrafi di Kairo, Mesir. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Alumnus Pesantren Tahfizh Daarul Quran , Fauzan Firmansyah terpilih menjadi peserta Konferensi Kaligrafi di Kairo, Mesir. Berkat ketekunannya di bidang kaligrafi, kini karyanya dikenal oleh dunia internasional.

Keikutsertaan Fauzan dalam Konferensi Kaligrafi di Kaior diketahui dari video yang dikirimkan oleh pengasuh Pesantran Tahfizh Daarul Quran, Ustaz Yufus Mansur, Sabtu (7/5/2022). Dalam tulisan narasi video disebutkan bahwa Fauzan adalah alumni DaQu yang telah berkiprah di dunia kaligrafi sejak lama.

"Dengan terpilihnya ia menjadi peserta di Konferensi Kaligrafi ke-7 di Kairo, Mesir, insyaAllah akan terus lahir Fauzan lainnya dari Alumni DaQu yang dikenal oleh dunia," tulis keterangan dalam video seperti dikutip, Sabtu (7/5/2022).

Alumnus Ponpes Daarul Qur'an Jadi Peserta Konferensi Kaligrafi di Kairo

Kaligrafi karyaFauzan Firmansyah. FOTO/TANGKAPAN LAYAR

Berdasarkan catatan media, Fauzan merupakan penerima sanad kaligrafi untuk Khat Riq'ah. Sanad ini diterima pada saat Fauzan menjadi santri kelas 11 Ponpes Tahfizh Daarul Quran pada 2017. Pemberian sanad di Masjid An-Nabawi Ponpes DaQu juga dihadiri langsung seniman kaligrafi sekaligus penulis 7 Mushaf Al-Quran dari Maroko, Syeikh Belaid Hamidi.

Dalam sambutan saat pemberian sanad kaligrafi, waktu itu, pimpinan Ponpes DaQu, Ahmad Jameel layaknya hafalan Al-Qur'an, ilmu kaligrafi juga sangat sulit dan membutuhkan ketelitian tinggi. Perbedaannya, hafalan Al-Qur'an langsung bersanad kepada Rasulullah SAW, sedangkan kaligrafi berujung kepada Ali bin Abi Thalib.

Ilmu Kaligrafi sudah dipelajari di Ponpes Tahfizh Daqu sejak 2013. Selain kelas reguler ada juga kelas ektrakurikuler kaligrafi.

"Kami mempelajari ini agar para santri tidak hanya memiliki kualitas bacaan tetapi juga kualitas tulisan Alquran yang baik. Sedangkan untuk mereka yang ingin lebih serius dalam bidang kaligrafi bisa mengikuti kelas tambahan yang akan belajar lebih dalam dan fokus" ujarnya.

Baca juga: Meriahkan Ramadhan, JIC Gelar Pameran Kaligrafi dari 26 Negara
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)