Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal Lengkap Bacaan Arab dan Latin

Selasa, 10 Mei 2022 - 15:14 WIB
loading...
Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal Lengkap Bacaan Arab dan Latin
Niat puasa qadha dan puasa Syawal dibaca pada malam hari. Saat ini kita memasuki tanggal 9 Syawal 1443 Hijriyah, Selasa (10/5/2022). Foto/dok SINDOnews
A A A
Niat puasa qadha Ramadhan dan puasa sunnah Syawal penting diketahui kaum muslimin. Sebagaimana pesan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun".

Mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadhan atau puasa 6 hari Syawal ? Menurut kaidah fiqih, kita boleh melakukan puasa sunnah bulan Syawal dahulu, baru kemudian melakukan puasa qadha' Ramadhan yang ditinggalkan karena uzur. Juga dibolehkan berpuasa qadha' Ramadhan terlebih dahulu, baru kemudian puasa sunnah di bulan Syawwal. Yang penting ditnaikan pada bulan Syawal.

Dalam Kitab Nihayatuz Zain Hal 197 diterangkan:

(و) الرابع صوم ( ستة من شوال ) لحديث من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر ولقوله أيضا صيام رمضان بعشرة أشهر وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة أي كصيامها فرضا وتحصل السنة بصومها متفرقة منفصلة عن يوم العيد لكن تتابعها واتصالها بيوم العيد أفضل وتفوت بفوات شوال ويسن قضاؤها نهاية الزين ص ١٩٧

Artinya: "Puasa sunah enam hari di bulan Syawal berdasarkan hadits, 'Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, lalu mengiringinya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, ia seakan puasa setahun penuh."

Hadis lain mengatakan, puasa sebulan Ramadhan setara dengan puasa sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Semua itu seakan setara dengan puasa (wajib) setahun penuh.

Keutamaan sunnah puasa Syawal sudah diraih dengan memuasakannya secara terpisah dari hari Idul Fithri. Hanya saja menunaikannya secara berturut-turut lebih utama.

1. Niat Puasa Qadha Ramadhan

تَعَالَى لِلهِ رَمَضَانَ شَهْرِ فَرْضِ قَضَاءِ عَنْ غَدٍ صَوْمَ نَوَيْتُ

Nawaitu shauma ghadin an qadhaa i fardhi syahri Ramadhoona Lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku niat untuk mengqadha puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah Ta'ala."

2. Niat Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻋَﻦْ ِﺳﺘَﺔٍ ِﻣﻦْ ﺷَﻮَﺍﻝٍ ﺳُﻨَﺔً ِﻟﻠَﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻲ

Nawaitu Shauma Ghadin 'Ansittatin Min Syawaali Sunnatan Lillaahi Ta'aala.

Artinya: "Aku niat puasa sunnah 6 Hari bulan Syawal karena Allah Ta'ala."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)