Inilah Peristiwa Kiamat Kecil Sebelum Sangkakala Ditiup

Rabu, 25 Mei 2022 - 23:19 WIB
loading...
Inilah Peristiwa Kiamat Kecil Sebelum Sangkakala Ditiup
Sebagian peristiwa Kiamat kecil telah terjadi di belahan dunia dan beberapa lagi akan terjadi sebelum Sangkakala ditiup pada Hari Kiamat. Foto ilustrasi/dok fanpop
A A A
Kajian Eskatologi Islam kali ini kita akan mengulas peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum Sangkakala ditiup. Ada banyak kejadian pada akhir zaman menjelang Hari Kiamat.

Di antaranya, beberapa peristiwa Kiamat kecil yang terjadi di belahan dunia. Tanda-tanda Kiamat kecil ini sebagiannya sudah terjadi, beberapa sedang terjadi dan sebagian lagi terjadi sebelum tanda-tanda Kiamat besar.



Peristiwa Kiamat kecil ini merupakan peringatan supaya manusia sadar dan bertaubat. Apabila Kiamat Akbar datang, maka tertutuplah pintu taubat.

Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa pada hari Kiamat akan terjadi peniupan Sangkakala sebanyak dua kali. Tiupan pertama mematikan seluruh makhluk dan diikuti tiupan kedua membangkitkan manusia dari kuburnya. (Surat Az-Zumar Ayat 68)

Peristiwa Kiamat Kecil
Sekarang mari kita buka mata, tanda Kiamat kecil sudah ada yang terjadi. Meskipun kejadiannya dianggap biasa, namun peristiwa ini menjadi peringatan bagi manusia. Pertanda Kiamat kecil ini telah dikabarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW sejak 14 abad lalu.

Beberapa di antaranya, dicabutnya ilmu, dominannya kebodohan, wafatnya para ulama, minum khamr dan maksiat yang merajelela, berlomba-lomba dalam membangun gedung tinggi, dan lain-lain. Terkadang sebagiannya muncul menyertai tanda Kiamat besar atau bahkan sesudahnya.

Berikut peristiwa Kiamat kecil yang dikutip dari "Tanda-tanda Kiamat" karya Harun Yahya sebagaimana dikabarkan dalam Hadis Nabi :

1. Diutus dan wafatnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam
2. Terbelahnya bulan pada masa penyebaran Islam.
3. Api dari tanah Hijaz yang menerangi punuk-punuk unta.
4. Terhapusnya jizyah dan pajak.
5. Munculnya kaum Khawarij.
6. Penggembala menjadi kaya.
7. Dicabutnya nikmat waktu, maka waktu berputar serasa lebih cepat.
8. Banyaknya kaum wanita dan sedikitnya kaum laki-laki.
9. Baitul Maqdis runtuh.
10. Jazirah Arab kembali penuh dengan kebun-kebun dan sungai-sungai.
11. Sungai Efrat mengeluarkan bukit emas.
12. Banyak terjadi al-Harj yaitu pembunuhan massal.
13. Hancurnya kota-kota besar oleh tangan manusia (akibat perang) dan peristiwa alamiah.
14. Kehancuran nilai moral
15. Perzinahan dilakukan secara terbuka dan bebas.
16. Pengingkaran terhadap agama
17. Agama dijadikan simbol atau tameng untuk kepentingan pribadi
18. Umat Islam berlomba-lomba membangun memperindah masjid dan membangga-banggakannya, padahal Nabi tidak pernah memerintahkannya.
19. Umat Islam banyak membaca Al-Qur'an tetapi tidak mengamalkannya.
20. Kemusyrikan merajalela di kalangan umat Islam dan mempercayai ramalan rasi bintang.
21. Mengingkari Qadar (takdir atau ketetapan Allah).
22. Kehancuran tatanan masyarakat (dominannya fitnah).
23. Disia-siakannya amanah, segala urusan ditangani oleh yang bukan ahlinya.
24. Menyebarnya riba dan harta haram
25. Kecurangan merajalela, banyak penguasa dan penegak hukum melakukan kezaliman
26. Ketergantungan pada obat bius dan minuman keras.
27. Penyanyi wanita dan alat-alat musik menjadi populer. Musik dimainkan di tempat-tempat maksiat dibarengi dengan khamr dan pelacuran.
28. Orang berlomba-lomba membangun gedung-gedung pencakar langit.

Selain di atas, masih banyak peristiwa kecil menjelang Kiamat. Adapun 10 tanda Kiamat besar disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam Hadis Sahih yang diriwayatkan Imam Muslim dan diakui para ulama.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya: "Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Beliau bertanya, 'Apa yang kalian bicarakan?' Kami menjawab: 'Kami membicarakan Kiamat.' Lalu Beliau bersabda: "Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat 10 tanda-tanda sebelumnya." Rasulullah menyebut: Kabut, Dajjal, Binatang (ad-Dabbah), Terbitnya matahari dari barat, Turunnya Isa bin Maryam, Ya'juj dan Ma'juj, Tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab, dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka."

Demikian gambaran Kiamat kecil dan Kiamat besar sebelum peniupan Sangkakala. Hendaknya umat muslim memperbaiki hubungannya kepada Allah dan memperbanyak amal saleh sebelum datangnya hari penghakiman. Semoga Allah memberi taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)