Ini Asal Mula Mengapa Uzair Disebut Anak Allah

Rabu, 21 September 2022 - 16:50 WIB
loading...
Ini Asal Mula Mengapa Uzair Disebut Anak Allah
Nabi Uzair dianggap Anak Allah karena hafal Taurat. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Sebagian pemeluk Yahudi mengimani bahwa Uzair adalah anak Allah. Ibnu Katsir mengatakan Uzair adalah seorang nabi yang diutus untuk bani Israil. Beliau hidup di antara zaman Dawud -Sulaiman dan zaman Zakariya -Yahya. Hanya saja, Ibnu Abbas justru tidak tahu soal itu. “Saya tidak tahu apakah dia adalah seorang nabi atau bukan,” ujarnya.

As-Saddi sebagaimana dikutip Ibnu Katsir menuturkan bahwa kekeliruan yang terjadi di kalangan mereka bermula di saat kaum Amaliqah mengalahkan kaum Bani Israil, lalu kaum Amaliqah membunuh ulama mereka dan menahan para pemimpin mereka.

Uzair selamat dan ia menangisi nasib kaum Bani Israil dan lenyapnya ilmu dari mereka, sehingga bulu matanya rontok.



Pada suatu hari ia melewati sebuah padang sahara, tiba-tiba ia menjumpai seorang wanita yang sedang menangis di sebuah kuburan seraya berkata, "Aduhai pemberi makan, aduhai pemberi pakaian."

Uzair pun berkata kepada wanita itu, "Celakalah kamu, siapakah yang memberimu makan sebelum orang yang telah mati ini?"

"Allah," jawab wanita itu.

"Sesungguhnya Allah Mahahidup. Tidak akan mati," sambut Uzair.

Wanita itu balik bertanya, "Hai Uzair, siapakah yang mengajar ulama sebelum Bani Israil?"

”Allah," jawab Uzair.

Wanita itu balik bertanya, "Maka mengapa engkau tangisi kepergian mereka?"

Uzair sadar bahwa hal ini merupakan nasihat bagi dirinya. Kemudian dikatakan kepada Uzair, "Pergilah kamu ke sungai anu. Lalu mandilah padanya serta sholatlah dua rakaat. Maka sesungguhnya kamu akan bersua dengan seseorang yang sudah tua di sana, dan makanan apa saja yang diberikannya kepadamu, makanlah makanan itu."



Uzair berangkat dan melakukan semua yang diperintahkan kepadanya. Tiba-tiba ia bersua dengan seseorang yang sudah tua, lalu orang tua itu berkata kepadanya, "Bukalah mulutmu!"'

Uzair pun membuka mulutnya, dan orang tua itu memasukkan sesuatu yang bentuknya seperti bara api yang besar sebanyak tiga kali ke dalam mulut Uzair. Sesudah itu Uzair kembali dalam keadaan sebagai orang yang paling alim mengenai isi kitab Taurat.

Uzair berkata (kepada kaumnya), "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku datang kepada kalian dengan membawa Taurat."

Mereka menjawab, "Hai Uzair, engkau bukanlah seorang pendusta."

Lalu Uzair mengambil sebuah pena dan mengikatkannya ke salah satu jari tangannya, kemudian mulai menulis seluruh isi kitab Taurat dengan pena itu. Setelah orang-orang Bani Israil pulang dari peperangan melawan musuhnya, para ulama mereka ikut pulang pula, lalu mereka diberi tahu perihal Uzair.

Mereka pun mengeluarkan salinan kitab Taurat yang mereka simpan di bukit, lalu menyamakannya dengan hasil tulisan Uzair. Ternyata mereka menjumpai apa yang ditulis oleh Uzair benar, sama dengan salinan Taurat yang ada pada mereka.

"Sesungguhnya dia mampu berbuat demikian tiada lain karena dia putra Allah," ujar sebagian orang-orang yang bodoh dari kalangan Bani Israil.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)