Hati-hati, Inilah Cara Iblis Celakakan Manusia

Minggu, 12 Juli 2020 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun telah memberi petunjuk kepada kita untuk mendidik jiwa dan mengendalikan ketamakan terhadap milik orang lain, dalam sabdanya sebagai berikut:

"LIhatlah kepada orang yang berada di bawahmu (hartanya) dan janganlah melihat kepada orang yang berada di atasmu, hal itu sangat berpengaruh untuk tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu". (Albani dalam al Misykah no 2775, Muslim, Kitab az-Zuhud (2963)(9), hadis Abu Hurairah ra)

Disamping itu, kita tidak boleh tamak terhadap milik orang lain, tidak boleh juga mengharapkan nikmat orang lain itu hilang darinya. Ketamakan adalah cerminan dari kehinaan dan kerendahan. Hasad merupakan manifestasi dari kedengkian dan iri, juga menunjukkan bahwa hatinya sedang sakit. (Baca juga : Mulai Kapan Anak-anak Perempuan Wajib Berhijab? )

Semuanya adalah sifat yang tercela dalam pandangan syara' dan sangat dibenci oleh manusia. Dari Zubair bin al-Anwwam bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallambersabda :

"Tidak tersebar kepada kalian penyakit umat terdahulu, yaitu iri dan dengki. Sifat itu bisa membabat habis, aku tidak mengatakan membabat rambut tapi membabat agama".

Inilah, sifat yang harus dijauhi setiap muslim dan muslimah. Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnul Qoyyim , tiga sifat buruk inilah sumber segala macam dosa, dan cara iblis mencelakai manusia.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)