Hikmah Penyakit dan Doa Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Nabi

Senin, 13 Juli 2020 - 15:46 WIB
loading...
Hikmah Penyakit dan Doa Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Nabi
Salah satu kewajiban muslim kepada muslim lainnya adalah menjenguk orang sakit. Keutamaan menjenguk orang sakit akan didoakan 70.000 Malaikat. Foto ilustrasi/dok skanaa
A A A
Penyakit yang menimpa manusia merupakan takdir Allah Ta'ala. Penyakit tidak membedakan orang yang saleh maupun yang buruk, tua ataupun muda, antara orang miskin atau orang kaya, termasuk para wali dan Rasul . Namun, ujian yang paling berat dialami para Nabi dan Rasul .

Menurut Dai asal Mesir yang kini bermukim di Jakarta, Syeikh Ahmad Al-Mishri , Allah Ta'ala menguji hamba-Nya dengan penyakit agar mengetahui siapa hamba-Nya yang jujur dan siapa yang berdusta. Ketika ditimpa penyakit , nikmat kita dicabut, namun bisa jadi penyakit adalah curahan rahmat dari Allah Ta'ala. (Baca Juga: Imam Ahmad Menulis Doa Ini untuk Sembuhkan Sakit Panas)

Allah Ta'ala berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: 'inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". (Surah Al-Baqarah Ayat 155-156)

"Semua penyakit yang datang menimpa kita bisa jadi akan meluruskan diri kita agar memperbaiki diri, dan ini teguran bagi orang beriman. Di saat manusia angkuh, Allah memberinya ujian. Ini bukti keadilan Allah. Penyakit menimpa hamba-hamba yang dikehendaki Allah yang melampaui batas," kata Syeikh Ahmad Al-Mishri saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Perumahan Permata Mediterania Pos Pengumben, Jakarta Barat, belum lam ini.

Banyak di antara manusia yang tertimpa penyakit namun tidak mengetahui ada hikmah dari Allah. Akhirnya mereka mengadu, gelisah, tidak sabar. Bahkan orang yang terkena penyakit kanker sampai mencapai tingkatan putus asa yang luar biasa, sampai dia murka dengan takdir Allah Ta'ala, sehingga setan mengingatkan dia akan maksiat sampai orang itu putus asa. ( )

"Orang yang terkena penyakit akan ditolong selama dia bertauhiid, bersabar, dan memohon. Selama dia mau memohon dia akan ditolong meski melakukan dosa besar. Selama dia tidak wafat dalam kemusyrikan dia akan ditolong," kata Syeikh Ahmad .

Doa Menjenguk Orang Sakit
Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan doa ketika menjenguk orang yang sakit. Doa ini dibaca tujuh kali:

أَسْأَلُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَاَنْ يَشْفِيَك

As Alulloohal 'Adziim Robbul Arsyil 'Adziim Ayyasyfiyaka/Ayyasyfiyaki. (Dibaca 7 kali)

"Aku memohon atas nama Allah Yang Maha Agung Pemilik singgasana Yang Agung Agar menyembuhkanku". (HR At-Tirmidzi)

Keterangan:
1. Yasyfiyaka dibaca apabila yang sakit laki-laki.
2.Yasyfiyaki dibaca apabila yang sakit perempuan.

Ada sebagian ulama kalau menjenguk orang sakit dia minta doa kepada orang yang sakit karena doanya mustajab. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إذا أحَبَّ اللهُ قومًا ابْتلاهُمْ

"Jika Allah mencintai suatu kaum, maka mereka akan diuji". (HR At-Thabrani)

(Baca Juga: Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)