Topik Terkait: Budaya Jawa (halaman 105)

  • Ngeri, Banyak Manusia...
    Muslimah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 15:02 WIB
    Mengawali hari dan aktivitas yang baru dengan kebersihan hati, akan membawa keberkahan. Karenanya penting bagi setiap muslim untuk fokus menjaga kebersihan hati dari berbagai penyakit yang bisa merusaknya.
  • Ayat-ayat Al-Quran dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 14:51 WIB
    Rasulullah menasihati Ummu Al-Ala menjelaskan bahwa orang mukmin itu diuji Rabb-nya agar Dia bisa menghapus kesalahan dan dosa-dosanya. Allah menyebut kata sabar dalam Al-Quran sebanyak 70 kali.
  • Rauf Mazari: Pengetahuan-Tindakan-Cinta
    Hikmah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 16:01 WIB
    Cinta adalah Jalan menuju Kebenaran, Pengetahuan, Tindakan. Tetapi hanya mereka yang mengetahui cinta sejati dapat mendekatinya dengan sarana cinta.
  • Sering Terlewatkan,...
    Muslimah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 05:58 WIB
    Banyak amalan sunnah sehari-hari, ringan, berpahala namun sering terlupakan atau terlewatkan begitu saja. Padahal bisa jadi dari amalan ini malah menjadi sebab turunnya rahmat Allah Taala.
  • Wasiat Khalifah Umar...
    Hikmah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Jika sampai tiga hari, enam orang itu belum juga mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan urusan mereka, penggal saja leher enam orang itu semuanya.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 17:37 WIB
    Selain menjadi syafaat pada Hari Kiamat, puasa juga menjadi perisai dari gangguan setan. Itulah sebabnya Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menghidupkan puasa sunnah.
  • Jalan Kaum Sufi Menurut...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:24 WIB
    Sufisme adalah ajaran sebaik persaudaraan kaum Sufi, orang-orang mistis yang berbagi keyakinan bahwa pengalaman batiniah bukanlah bagian dari kehidupan, tetapi kehidupan itu sendiri.
  • Begini Perlawanan Ali...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 17:28 WIB
    Melihat sikap Marwan yang kasar, Ali bin Abi Thalib tak dapat menahan letupan emosinya. Sambil membentak ia mencambuk kepala unta yang dikendarai oleh Marwan: Pergilah engkau dari sini! Allah akan menggiringmu ke neraka.
  • Doa Bepergian Agar Senantiasa...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 22:07 WIB
    Bagi yang melakukan perjalanan jauh atau keluar rumah hendaknya membaca doa-doa berikut. Mudah-mudahan berkat doa ini, Allah memberi perlindungan dan kemudahan dalam perjalanan.
  • Ketentuan Allah Taala...
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Allah Taala memiliki hikmah sesuai dengan keluasan ilmu-Nya yang mutlak. Bahkan, dalam setiap musibah yang menimpa seorang hamba, pada hakikatnya Allah mengirim sinyal-sinyal agar muslimin mengambil hikmah di dalamnya.
  • Korban Pesawat Jatuh...
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 10:35 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberi kabar gembira lewat sabdanya bahwa umatnya yang meninggal karena tenggelam atau terlempar dari kendaraan termasuk golongan mati syahid.
  • Kaum Sufi Itu Seperti...
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 15:13 WIB
    Ketika engkau pertama kali bertemu dengannya, ia mungkin tampak sangat berbeda dengan dirimu. Padahal tidak. Ia mungkin terlihat sangat sama seperti dirimu. Padahal tidak.
  • 12 Dalil Berdoa dengan...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:19 WIB
    Hukum berdoa dengan tawassul adalah amalan yang disunnahkan karena di dalamnya terdapat kebaikan. Tawassul artinya mengambil sarana/wasilah agar doa lebih diterima dan dikabulkan.
  • Raden Paku, Sehari Menikah...
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 09:58 WIB
    Dalam sehari Raden Paku menikah dua kali. Menjadi menantu Sunan Ampel, kemudian menjadi menantu Ki Ageng Bungkul seorang Bangsawan Majapahit. Itulah liku-liku perjalanan hidup Raden Paku.
  • Syarat Sempurnanya Iman...
    Muslimah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 11:16 WIB
    Sesama kaum muslimin harus saling mencintai, bukan saling menjatuhkan, bukan saling merongrong, tetapi menyeru kepada Allah Subhanahu wa Taala, menyeru kepada iman dan Islam yang haq
  • Qalandar Puri: Betapa...
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Coba bayangkan sejenak bahwa engkau adalah makhluk selain manusia. Tidak dirasakan oleh manusia, engkau memasuki salah satu tempat tinggalnya. Asumsikan engkau tidak memiliki pengalaman kemanusiaan.
  • Haidar Sirdan: Imitasi...
    Hikmah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 08:54 WIB
    Lihatlah pada ratusan tiram dan ini memberitahumu bagaimana mengenali tiram lagi bila melihat salah satunya. Engkau tidak dapat mengatakan dengan cara yang sama, dimana tiram tersebut berisi mutiara.
  • Raden Paku: Sunan Giri...
    Hikmah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 11:07 WIB
    Sunan Giri sangat berhati-hati, beliau khawatir terjerumus pada jurang kemusyrikan. Itu sebabnya beliau sangat berpegang teguh kepada Al-Quran dan Hadits Nabi yang sahih.
  • Syekh Ali Jaber Meninggal...
    Hikmah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 10:27 WIB
    Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiuun. Telah berpulang ke rahmat Allah ulama kharismatik Indonesia kelahiran Madinah, Syaikh Ali Jaber (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber).
  • Pesan Syekh Ali Jaber...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:01 WIB
    Amalan itu dahsyat. Gangguan, sihir, hasud, dengki, macam-macam orang yang mau menyakiti kita, Insya Allah dalam lindungan Allah SWT. Disembuhkan dari segala penyakit, rohani maupun jasmani.