Topik Terkait: Doa Dipuji Orang Lain (halaman 113)

  • Belajar dari Sa’ad...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:40 WIB
    Adakalanya seorang Muslim bersungguh-sungguh dalam melakukan amal saleh akan tetapi ia memandang remeh dan kurang peduli dengan masalah mengkonsumsi harta yang haram.
  • Doa Ketika Mendengar...
    Tips
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 18:01 WIB
    Dalam Islam, ketika mendengar suara petir seorang muslim dianjurkan untuk berdoa. Apalagi saat ini, musim penghujan hampir dialami semua wilayah di Indonesia, hujan yang turun terkadang disertai angin kencang dan petir yang menggelegar.
  • Surat An-Nur Ayat 31:...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Agustus 2024 - 12:32 WIB
    Semuanya ini tidak boleh ditampakkan kepada laki-laki lain. Mereka hanya boleh melihat muka dan kedua tapak tangan yang memang ada rukhsah untuk dinampakkan.
  • Berlaku Adil terhadap...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:11 WIB
    Berlaku adil adalah wajib terhadap orang-orang kafir (baik yang memerangi maupun yang tidak). Kata taqsithu di sini menurutnya adalah memberi bagian dari harta guna menjalin hubungan baik.
  • Beruntungnya Orang yang...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 08:42 WIB
    Beruntunglah orang orang yang senantiasa Istiqamah, selain pahala sangat besar dalam sisi Allah Subhanahu wa Taala, mereka jakan didampingi malaikat dalam perjalanan kehidupannya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Hukum, Syarat dan Keutamaan...
    Tips
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Aqiqah atau akikah merupakan perayaan menyembelih kambing yang dilakukan sebagai bentuk dari rasa syukur karena bayi yang baru lahir. Hukum aqiqah menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Senin, 11 Desember 2023 - 19:41 WIB
    Asbabun Nuzul Surat An-Nisa Ayat 157-158 penting untuk diketahui. Ayat ini merupakan bantahan terhadap orang-orang Yahudi yang mengklaim membunuh Nabi Isa dengan cara menyalibnya.
  • Bacaan Hizib Nawawi...
    Tips
    Jum'at, 20 September 2024 - 16:22 WIB
    Bacaan Hizib Nawawi dalam teks arab, latin dan terjemahan ini penting diketahui, terutama di kalangan pesantren. Hizib Nawawi dinisbatkan kepada penyusunnya yakni Imam An-Nawawi.
  • Tata Cara Ibadah di...
    Tausiyah
    Rabu, 08 April 2020 - 16:44 WIB
    Jumhur ulama berpendapat bahwa menghidupkan malam Nishfu Syaban hukumnya adalah sunnah. Berikut tata cara ibadah di malam Nishfu Syaban.
  • Hadis tentang Kalimat...
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 07:34 WIB
    Tuhanku mengabarkan kepadaku bahwasanya aku akan melihat tanda pada umatku. Tatkala aku melihat tanda itu, maka aku memperbanyak ucapan Mahasuci Allah dan aku memujinya.
  • Benarkah Abu Bakar Ash-Shiddiq...
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 07:33 WIB
    Ada cerita yang beredar bahwa wafatnya Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq akibat diracun orang-orang Yahudi. Mereka memasukkan racun ke dalam makanan yang dimakan bersama-sama dengan Attab bin Asid.
  • Kematian Seseorang yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 11:24 WIB
    Tatkala orang yang menyekutukan Allah dalam beribadah meregang nyawa, ia akan berlepas diri dari perbuatannya, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah:
  • Adakah Sanksi Syariat...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:20 WIB
    Hukum melaksanakan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan bagi yang mampu). Karena itu makruh bagi orang yang mampu jika ia tidak melaksanakannya. Namun, ada khilaf tentang hukum berkurban dimana Imam Abu Hanifah mewajibkannya.
  • Selain Rendah Hati,...
    Hikmah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 21:11 WIB
    Selain karena sikap rendah hati dan penghambaannya kepada Allah, berikut rahasia Abah Guru Sekumpul dicintai dan dikagumi banyak orang.
  • 10 Keistimewaan Wanita...
    Muslimah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 18:50 WIB
    Ada banyak keistimewaan wanita hamil dalam Islam. Hal ini dikarenakan proses mengandung yang dilalui oleh seorang wanita hamil tidaklah mudah, bahkan mereka harus bertarung nyawa.
  • Mengapa Islam Melarang...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 18:29 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Tentu ada hikmah dibalik larangan tersebut. Apa dan bagaimana hikmahnya?
  • Adakah Batasan Aurat...
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 10:14 WIB
    Dalam Islam, ada batasan aurat yang boleh dan tidak boleh dinampakkan. Batasan aurat orang dewasa di depan mahramnya, sesama jenisnya, dan anak kecil yang belum mengerti aurat
  • 5 Larangan Bagi Orang...
    Tips
    Kamis, 10 Maret 2022 - 13:16 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang yang junub. Larangan tersebut berkaitan dengan kondisi junub dan penyebabnya, karena orang yang junub itu tidak suci, dia tengah berhadats besar.
  • Inilah Makna Doa yang...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:22 WIB
    Doa adalah sebuah untaian kalimat yang dipanjatkan seorang hamba kepada sang penciptanya. Lantas, apa makna doa itu sendiri? Dan bagaimana makna doa dalam pandangan Al-Quran?
  • Terapi Hati Kala Dilanda...
    Muslimah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Hati dan pikiran yang gelisah tidak boleh terlalu lama dibiarkan karena dapat mengikis keimanan. Karena, hawa nafsu tak kalah sengit menggoda hati untuk condong pada kenikmatan sementara yang justru bisa membinasakannya.