Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 81)

  • Operasi Badai Al-Aqsa...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Oktober 2023 - 16:40 WIB
    Israel telah menunjukkan dirinya rentan, lemah, dan sangat impoten, sehingga hal ini tidak akan berjalan baik dalam rencananya untuk menjadi pemimpin regional di Timur Tengah yang baru.
  • Hukum Bekerja di Militer...
    Tausyiah
    Senin, 05 Agustus 2024 - 13:30 WIB
    Seorang muslim tidak halal bekerja sebagai prajurit dalam ketenteraan yang memerangi kaum muslimin atau bekerja sebagai pegawai dalam suatu pabrik yang memproduksi senjata untuk memerangi kaum muslimin
  • Ketika Al-Quran Bisa...
    Muslimah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 19:15 WIB
    Sebagai Kalamullah, Al-Quran bisa bermanfaat dan menjadi pembela umat muslim. Sebaliknya, Al-Quran ternyata bisa pula menjadi musuh. Bagaimana maksudnya dan kapan hal tersebut bisa terjadi?
  • 10 Kalam Indah Syaikh...
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 06:45 WIB
    Umat Islam kehilangan salah satu ulama berpengaruh, Syaikh DR Yusuf Al-Qaradhawi yang wafat Senin, 26 September 2022. Berikut 10 kalam Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi yang menyentuh hati.
  • Yuk, Mengenal Berbagai...
    Hikmah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:01 WIB
    Ada banyak keutamaan dan khasiat yang dimiliki surat At-Taubah. Di antaranya terletak pada dua ayat terakhirnya. Sesuai namanya, At-Taubah memiliki makna Pengampunan.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 13:13 WIB
    Usul yang dirasakan oleh Abu Bakar sangat tiba-tiba itu dijawab dengan pertanyaan: Bagaimana saya akan melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh Rasulullah Sallallahu alaihi wa sallam?
  • Gambaran Bidadari Surga...
    Muslimah
    Rabu, 10 November 2021 - 19:27 WIB
    Allah Subhanhu wa taala telah menjanjikan bidadari surga sebagai kenikmatan bagi setiap hambanya yang bertakwa dan beriman. Dan bidadari diciptakan tanpa celah, tiada bandingannya jika bersanding dengan perempuan-perempuan dunia
  • Mengapa Orang Malas...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:30 WIB
    Mengapa ada sebagian manusia yang malas berdoa? Tak bisa dipungkiri, bahwa rasa malas berdoa seringkali menimpa kita, bahkan setelah selesai menjalankan ibadah sholat wajib pun enggan untuk berdoa kepada Allah.
  • Khotbah Jumat: Mengapa...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 16:42 WIB
    Khotbah Jumat kali ini mengangkat tema tentang solidaritas untuk Palestina, bertepatan 5 Rabiul Akhir 1445 Hijriyah, 20 Oktober 2023. Berikut pesan khotbahnya.
  • Ayat-Ayat tentang Maulid...
    Hikmah
    Jum'at, 06 September 2024 - 16:35 WIB
    Berikut ini adalah 7 ayat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebelumnya ada baiknya kita menyinggung sedikit cara penafsiran al-Quran di kalangan ulama.
  • Kisah Amerika Memindahkan...
    Dunia Islam
    Kamis, 02 November 2023 - 14:35 WIB
    Kedutaan tersebut dipindahkan dari Tel Aviv oleh pemerintahan Donald Trump dan berada di lokasi yang sebelumnya sebagai Konsulat Amerika Serikat.
  • Abu Rahyan alias Al-Biruni,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:25 WIB
    Muhammad bin Ahmdan atau Abu Rahyan atau dikenal Al Biruni atau Al Bairuni (973-1048) adalah sosok ilmuwan muslim yang diakui kehebatan dan kejeniusannya oleh para ilmuwan barat modern.
  • Khasiat Surat Al-Fatihah...
    Tips
    Senin, 22 Mei 2023 - 07:17 WIB
    Surah terdiri atas 7 ayat ini merupakan Pembukaan Al-Quran. Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang membaca surah al-Fatihah sebanyak tujuh kali, maka itu dapat menyembuhkan dari segala penyakit.
  • Syaikh Abdul Qadir al...
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 10:42 WIB
    Ringkasan berikut, termasuk materi pelajaran tradisional dari disiplin Qadiriyah dan juga beberapa pokok ucapan atau teguran Abdul Qadir sendiri.
  • 4 Fakta Menarik Bani...
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 08:55 WIB
    Mendengar istilah Bani Israil, sebagian orang mungkin telah sering mengetahui kisahnya. Bahkan, mereka juga sudah banyak disebut dalam kitab suci umat Islam, Al-Qur-an.
  • Hikmah Pergantian Siang...
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 15:39 WIB
    Hikmah pergantian siang dan malam menurut Al-Quran dan Sains menarik untuk dipelajari. Fenomena ini tidaklah terjadi begitu saja kecuali di dalamnya ada pelajaran berharga.
  • Amalan Khusus di Hari...
    Tips
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 08:58 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memberikan tuntunan kepada umat-Nya untuk melakukan amalan lebih khusus di hari Jumat. Sedikitnya ada tiga amalan yang biasa nabiyullah sang uswatun hasanah lakukan di hari istimewa tersebut.
  • Dialog Nabi Musa dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 19:41 WIB
    Dialog Nabi Musa dengan Firaun tentang Allah Taala terekam dalam surat asy-Syuaraa ayat 23 sampai 29 dan surat Taha ayat 49-54. Begini penjelasannya.
  • Inilah Urutan Nabi Terbaik...
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Oktober 2019 - 18:15 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishri, ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta menjelaskan perjalanan dakwah dan urutan Nabi dan Rasul terbaik.
  • Syaikh Al-Utsaimin:...
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Mengafirkan seseorang akan mengakibatkan banyak konsekwensi hukum. Di antaranya, orang yang dikafirkan menjadi halal darah dan hartanya. Begitu pula semua konsekwensi hukum kafir lainnya.