Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 19)

  • Arti Naskh: Bukan Mustahil...
    Hikmah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 07:23 WIB
    Ada di antara mereka yang beranggapan bahwa suatu ketetapan hukum yang ditetapkan oleh satu kondisi tertentu telah menjadi mansukh apabila ada ketentuan lain yang berbeda akibat adanya kondisi lain.
  • Hukum Qadha Puasa bagi...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Tadabbur Surat Al-Qalam...
    Tausyiah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 21:55 WIB
    Tadabbur ayat kali ini kita mengulas kandungan yang terdapat dalam Surat Al-Qalam Ayat 1. Pada ayat ini, Allah bersumpah dengan menyebut Qalam yang artinya pena.
  • 3 Tingkatan Orang Berpuasa...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 03:02 WIB
    Orang yang berpuasa pada bulan Ramadan pasti merasakan lapar dan dahaga. Berikut tiga tingkatan orang berpuasa menurut Imam Al-Ghazali (wafat Tahun 505 H).
  • Surat Al-Mulk Ayat 13,...
    Hikmah
    Minggu, 20 November 2022 - 23:27 WIB
    Surat Al-Mulk adalah salah satu surat terbaik dalam Al-Quran yang fadhilahnya mendatangkan syafaat bagi pembacanya. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Mulk ayat 13.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Hukum Main Game Online...
    Tausyiah
    Selasa, 22 November 2022 - 19:05 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya memberi pandangan terkait hukum bermain game online. Berikut penjelasannya.
  • Meniru Cara Menasehati...
    Muslimah
    Sabtu, 20 November 2021 - 09:16 WIB
    Al-Quran surat Luqman merupakan salah satu surat yang berisi nilai-nilai pelajaran untuk orang tua maupun anak. Dalam surat ini, terpetik pelajaran berharga tentang wasiat yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya
  • Hukum Mengaku Gemar...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Gus Baha mengatakan: saya tidak bisa membayangkan jika setiap ahli maksiat jujur menceritakan kemaksiatan yang pernah dilakukan, maka itu sangat berbahaya.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 03 Juli 2024 - 12:30 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 12 ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi umat muslim, karena banyak mengandung hukum bacaan mad.
  • Nasehat Syaikh Al-Utsaimin...
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 09:19 WIB
    Tabarruj yang diharamkan bagi perempuan adalah membawa atau memakai beberapa perlengkapan perempuan, seperti tas, dompet, sepatu, sendal, kaos kaki, dan lain-lain dengan maksud dan tujuan mencari perhatian.
  • Hukum Menggabung Puasa...
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Surat Al-Qadr Ayat 3:...
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 14:25 WIB
    Surat al-Qadr secara umum berisi tentang proses nuzul al-Quran pertama kali ke langit dunia dari lauhul mahfuz dan bercerita tentang kemuliaan lailatul qadar.
  • Begini Persamaan Kedudukan...
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan dan laki-laki, misalnya, memiliki kedudukan yang sama dalam kebebasan kewajiban beragama dan beribadah. Di dalam masalah takalif agama dan sosial yang pokok, Al Quran juga menyamakan antara keduanya
  • Haedar Nashir Sebut...
    Dunia Islam
    Jum'at, 12 Juli 2024 - 13:42 WIB
    Di sela kunjungan Grand Syekh Al-Azhar Mesir Ahmad Al Thayyeb, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengungkap kedekatan Al-Azhar dengan Muhammadiyah.
  • Mengapa Masjid Al Aqsa...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Desember 2023 - 09:45 WIB
    Keberadaan Masjid Al Aqsa masih diperebutkan hingga sekarang ini seiring berlangsungnya konflik antara Israel dan Palestina. Konflik tersebut telah menelan banyak korban jiwa hingga kehancuran banyak fasilitas umum di kota Yerusalem.
  • Islam sangat Memuliakan...
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 10:10 WIB
    Dalam Islam, kaum wanita sangat dimuliakan bahkan Allah Subhanahu wa taala memerintahkan langsung dalam Al-Quran untuk menghargai dan menghormati wanita.
  • Bagaimana Gambaran Hari...
    Hikmah
    Selasa, 30 Juli 2024 - 19:02 WIB
    Bagaimana gambaran hari akhir yang tercantum di dalam surat At Takwir? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di benak umat Muslim yang merasa penasaran.
  • Predikat Kafir, Zalim...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:25 WIB
    Orang yang berhukum tidak dengan hukum yang diturunkan Allah, maka diberi label 3 penyebutan yaitu kafir (QS Al Maidah : 44) , zalim (QS Al Maidah : 45), dan fasik (QS Al Maidah : 47).
  • 6 Istilah Berdebat Menurut...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 11:03 WIB
    Sebagai padanan dari istilah diskusi, di dalam al-Quran disebutkan istilah al-hiwar, al-mira, al-muhajjah, al-jadal, syura, dan al-munazarah yang definisinya lebih mendekati perdebatan.
  • Arab Saudi Gelar Lomba...
    Dunia Islam
    Kamis, 14 April 2022 - 20:34 WIB
    Lebih dari 40 ribu peserta dari 80 negara diseluruh ikut mendaftar untuk berpartipasi di dalamnya, 36 di antaranya lolos ke tahap akhir dari beberapa negara.