Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 26)

  • Hukum Mendengarkan Musik...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 00:36 WIB
    Hukum mendengarkan musik di kamar mandi perlu diketahui kaum muslim. Seperti kebiasaan banyak orang sering bernyanyi di kamar mandi atau mendengarkan musik.
  • 6 Tips Cara Menghargai...
    Tips
    Rabu, 28 September 2022 - 16:05 WIB
    Sebagai muslim, kita diajarkan bagaimana memuliakan dan menghargai orang lain. Baik pada sesama, orang yang lebih tua, orang yang lebih kecil, orang alim, orang awam bahkan kepada orang yang bukan muslim.
  • Mengapa 2 Ayat Terakhir...
    Hikmah
    Kamis, 30 Mei 2024 - 10:18 WIB
    Di dalam Al Quran ada banyak surat-surat yang memiliki keistimewaan, salah satunya surat Al Baqarah terutama di 2 ayat terakhirnya yakni ayat 285 dan 286. Begini penjelasannya!
  • Saifuddin Al-Qutuz,...
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 06:30 WIB
    Saifuddin Al-Qutuz, Sultan Mamluk yang berhasil memukul mundur pasukan Mongol dikenal sebagai pahlawan Islam yang legendaris. Kisahnya dicatat dalam sejarah Islam.
  • Apakah Hukum Membaca...
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 21:24 WIB
    Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS), dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko mengenai hukum membaca Al-Fatihan bagi mamum.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 6 Golongan Orang yang...
    Muslimah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Definisi kebahagian setiap orang berbeda-beda, termasuk cara yang dilakukan untuk meriah kebahagiaannya tersebut. Hakikat kebahagiaan itu sendiri bersifat stabil dan berkepanjangan.
  • 4 Ayat Al-Quran untuk...
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:49 WIB
    Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa setan akan menggoda manusia dari empat arah yakni depan, belakang, kanan dan kiri. Hal tersebut salah satunya tercantum dalam firman Allah dalam Surat Al Araf ayat 16-17
  • Kumpulan Doa Memohon...
    Tips
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:25 WIB
    Ada kumpulan doa memohon pertolongan Allah saat terdesak atau dalam kesulitan yang bersumber dari Ayat Al Quran dan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Tafsir Ayat Poligami...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 10:10 WIB
    Suatu ketika hubungan Khalifah Al-Mansur dengan istrinya memanas, gara-gara sang Khalifahh berniat menikah lagi atau berpoligami. Mereka pun sepakat meminta nasihat Imam Abu Hanifah.
  • Arti Ayat dan Jenisnya...
    Tips
    Senin, 19 Agustus 2024 - 16:42 WIB
    Arti ayat dan jenisnya dalam Al Quran menarik untuk diulas. Umat Muslim bisa menjadikannya sebagai tambahan ilmu dan memahaminya dengan baik.
  • Hukum Merayakan Hari...
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:52 WIB
    Hukum merayakan Hari Valentine bagi umat Islam adalah haram. Demikian kata Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya dalam kajiannya di media sosial dan Fatwa MUI.
  • Praktik Jual Beli Organ...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 14:19 WIB
    Praktik jual beli organ tubuh belakangan ini semakin marak saja. Ada banyak iklan di media maupun internet yang menawarkan hal itu. Lalu, bagaimana hukum Islam memandang masalah ini?
  • Hukum Olahraga Tinju...
    Tausyiah
    Selasa, 28 November 2023 - 21:19 WIB
    Bagaimana hukum olahraga tinju dan orang yang menontonnya? Seperti diketahui, olahraga tinju cukup populer di Tanah Air. Berikut penjelasannya.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya seruan untuk berijtihad bukan sekadar asal-asalan dan membuka pintunya kepada setiap orang yang mengaku dengan lantang padahal belum terpenuhi syarat-syarat utama dalam ijtihad.
  • Baper kepada Allah SWT
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 14:30 WIB
    Sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, Umar bin Khattab radhiyallahuanhu pernah menangis dengan keras saat membaca surat At-Thur ayat ke tujuh. Karena terlalu kerasnya tangisan tersebut, beliau pun sakit
  • Di Manakah Keberadaan...
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 18:11 WIB
    Dalam ajaran al-Imam Muhyiddin Ibnu Arabi, wali yang tertinggi dinamakan Al-Qutb (kutub) atau poros alam. Kadang dinamakan Al-Ghauts (penolong) atau raja para wali.
  • 3 Penyebutan Orang yang...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:13 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan kita untuk tidak mudah menuduh kafir kepada saudaranya. Sebab, bila tuduhan kafir tersebut tidak benar, maka akan berbalik kepada yang menuduh.
  • 6 Hukum yang Diwajibkan...
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 14:16 WIB
    Imam al-Ghazali dalam bukunya berjudul Ihya Ulum al-Din menyebut 6 hukum yang diwajibkan dalam berpuasa. Selain itu ada 4 jenis pengganti yang wajib dilakukan jika seseorang membatalkan puasa.
  • Bagaimana Hukum Puasa...
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Cara Mati-Matian Abu...
    Hikmah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 10:20 WIB
    Baginda menugasi Abu Nawas mengajar lembu mengaji al-Quran dengan ancaman, jika gagal akan dihukum mati. Abu Nawas menyanggupi. Nah, beginilah cara Abu Nawas mengajar lembu.