Topik Terkait: Islam Di Betawi (halaman 440)

  • Tanda-Tanda Anak Baligh,...
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 18:28 WIB
    Ketika mendapati tanda anak-anak kita telah mencapai usia baligh, apa yang harus dilakukan? Dan bagaimana orangtua harus menyampaikan hal tersebut sesuai ketentuan syariat?
  • Musim Haji Tahun 317...
    Dunia Islam
    Kamis, 09 Juni 2022 - 20:18 WIB
    Puluhan ribu jamaah haji tewas. Ada yang menyebut 30.000 orang jamaah haji. Namun, sebagian ahli sejarah mencatat, pada peristiwa itu, Qaramithah telah membunuh 100 ribu jamaah haji.
  • Taubat Nasuha: Perlu...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:28 WIB
    Bertekad meninggalkan maksiat dan bertaubat darinya secara total, dan tidak akan kembali melakukannya selama-lamanya. Seperti susu yang tidak mungkin kembali ke puting hewan setelah diperah.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 19:20 WIB
    Surah Al-Kahfi ayat 21 ini mengisahkan tentang salah satu pemuda Ashabul Kahfi yakni Tamlikha untuk pergi berbelanja dengan membawa uang perak dari kawan-kawannya. Dalam tafsir ayat ini Tamlikha merasa terkejut akan perubahan kota.
  • Meninggal karena Tenggelam...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 22:41 WIB
    Jasad Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang tenggelam di Sungai Aare Swiss telah ditemukan. Berikut pandangan ulama Fiqih menyikapi status orang meninggal akibat tenggelam?
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 3 Keutamaan dan Manfaat...
    Tips
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 15:32 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui keutamaan dan manfaat membaca Surat Ar-Rahman. Dalam Al-Quran, Ar Rahman merupakan surat ke-55 terdiri dari 78 ayat.
  • Jelang Kiamat: Ibadah...
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Sebuah hadis menyebut, kiamat tidak akan terjadi hingga ibadah haji tidak ditunaikan. Ibnu Katsir juga menjelaskan tentang kemunculan Dzu as-Suwaiqatain dan penghancuran Kakbah .
  • Lebih Afdhal Mana, Kurban...
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Pertanyaannya, lebih afdhal mana kurban sapi atau kambing? Simak penjelasannya.
  • Ghibtaah adalah Hasad...
    Muslimah
    Senin, 13 Juni 2022 - 13:28 WIB
    Hasad atau dengki adalah perkara yang membahayakan. Penderita hasad akan merasa sakit hati bila saudaranya berbahagia atau mendapat rezeki. Namun ada dua keadaan yang dibolehkan seseorang berbuat hasad.
  • Tempat Niat Ada Dalam...
    Tips
    Senin, 13 Juni 2022 - 16:01 WIB
    Setiap perbuatan pasti disertai niat, maka setiap amal perbuatan yang kita lakukan semata-mata untuk Allah, maka amal perbuatan itu untuk Allah. Pun sebaliknya, jika amal perbuatan hanya untuk kepentingan dunia maka pahalanya hanya untuk dunia saja.
  • Mendidik Karakter Ikhlas...
    Muslimah
    Senin, 13 Juni 2022 - 17:37 WIB
    Mendidik karakter ikhlas kepada anak membutuhkan kesungguhan, latihan, dan difahamkan terus menerus agar anak ikhlas dalam menuntut ilmu dan juga ikhlas dalam beribadah.
  • Niat Puasa Ayyamul Bidh...
    Tips
    Senin, 13 Juni 2022 - 22:09 WIB
    Puasa Ayyamul Bidh bulan ini bertepatan Senin (13/6/2022) hingga Rabu (15/6/2022). Berikut bacaan niat puasa Ayyamul Bidh lengkap dengan jadwalnya.
  • Pentingnya Makanan Halal...
    Tips
    Selasa, 14 Juni 2022 - 15:46 WIB
    Umat Islam diperintahkan Allah Subhanahu wa taala untuk memilih makanan halal dan thayyib (baik dikonsumsi), serta menghindari makanan haram.
  • Inilah Identitas si...
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:31 WIB
    Kakbah akan dihancurkan menjelang kiamat. Ibnu Katsir menyampaikan sejumlah hadis tentang perusakan Kabah tersebut yang dilakukan oleh Dzu as-Suwaiqatain.
  • Kisah Nabi Ibrahim yang...
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:45 WIB
    Allah banyak menguji Nabi Ibrahim sehingga menempatkan dirinya sebagai pemimpin dan teladan bagi umat sesudahnya. Bapak para nabi ini senantiasa lulus dalam menjalankan ujian tersebut.
  • Tafsir Ayat-Ayat Haji...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:56 WIB
    Bagi para sufi, selain makna lahiriah, Al-Quran juga memiliki makna batiniyah. Inilah yang membuat penafsirannya menjadi unik dan terlihat sedikit aneh bagi orang biasa.
  • Kisah Jin Mencuri Kabar...
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 23:36 WIB
    Dulu sebelum Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diutus, bangsa Jin dapat menduduki tempat-tempat di langit itu untuk mencuri kabar dan mengetahui rahasia langit.
  • 3 Hadis Masyhur tapi...
    Tausyiah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 13:00 WIB
    Tak sedikit hadis masyhur ternyata palsu. Seorang zindiq diketemukan telah memalsu lebih dari 4.000 hadis. Bahkan dari tiga orang pemalsu bisa dipastikan telah keluar puluhan ribu hadis palsu.
  • Bacaan Sholawat Munjiyat...
    Tips
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:55 WIB
    Umat muslim yang ingin doanya mudah terkabul dapat mengamalkan sholawat Munjiyat berikut. Salah satu keutamaannya dapat mempermudah terkabulnya hajat.
  • Kisah Kelahiran Dajjal...
    Hikmah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 21:20 WIB
    Dajjal lahir dari seorang ayah dan ibu keturunan Yahudza (Yahudi) yang 31 tahun tidak dikaruniai anak. Ketika lahir, Dajjal menjadi anak yang paling menyengsarakan kedua orang tuanya.