Topik Terkait: Keutamaan Hari Senin (halaman 402)

  • Dialog Abu Bakar Ash-Shiddiq...
    Hikmah
    Jum'at, 23 September 2022 - 11:30 WIB
    Suatu ketika Abu Bakar bertemu dengan seorang perempuan dari Kabilah Ahmas. Perempuan itu bernama Zainab binti al-Muhajir. Abu Bakar melihat wanita itu tidak mau berbicara.
  • Terjadinya Musibah dan...
    Tausyiah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:16 WIB
    Terjadinya musibah, bencana dan malapetaka yang terjadi pada diri seseorang, keluarga, hingga masyarakat, bisa jadi karena adanya dosa-dosa yang diremehkan oleh manusia.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Dialog Mesra Orang Tua...
    Hikmah
    Rabu, 28 September 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah dan Aminah adalah orangtua Nabi Muhammad SAW. Alkisah, pada hari keempat pernikahan, Abdullah membawa sang istri, Aminah, ke rumahnya yang telah dipersiapkan untuk kedua mempelai.
  • Kisah Aminah Memberi...
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 15:01 WIB
    Aminah dan Abdul Muthalib sangat bahagia menyambut lahirnya bayi yang suci. Bayi itu diberi nama Muhammad. Aku memberinya nama Muhammad, sebagaimana yang diperintahkan oleh pembawa suara misterius itu, ujar Aminah.
  • Nabi Muhammad Lahir,...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:40 WIB
    Pada saat Nabi Muhammad SAW lahir, menjadi hari duka bagi jin dan iblis. Kala itu, jin yang gemar mencuri berita, saat Rasulullah SAW lahir para jin kehilangan kemampuan untuk mencuri berita.
  • Benarkah Roh Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:48 WIB
    Penulis kitab Barzanji seakan mengajak para pembacanya agar mereka menyakini bahwa Rasulullah SAW hadir pada saat membaca sholawat, terutama ketika Mahallul Qiym (posisi berdiri).
  • Amalkan Doa Ini agar...
    Tips
    Senin, 03 Oktober 2022 - 10:17 WIB
    Kita disarankan untuk berdoa agar bangsa jin ini tidak bisa melihat aurat kita, sebagai salah satu upaya pencegahan agar terlindungi dari godaan dan gangguan setan.
  • Hafiz Indonesia Kembali...
    Dunia Islam
    Senin, 03 Oktober 2022 - 23:30 WIB
    Hafiz Indonesia asal Medan, Sumatera Utara, Farhan Muhammadi menyabet Juara 1 Cabang Hafalan 5 Juz dan Tilawah pada MTQ Internasional di Maroko.
  • Begini Tradisi Muslim...
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:41 WIB
    Pembacaan kitab-kitab maulid dilaksanakan dalam suasana yang dikondisikan secara khusus, terutama pada hari-hari dan momentum yang dipilih. Misalnya sebagai wirid rutin, dipilihlah malam Senin.
  • Perayaan Maulid Nabi:...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 16:06 WIB
    Tradisi Maulid Nabi di berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri yang berbeda-beda. Maulid Nabi di Yogyakarta diperingati dengan Grebek Maulud, di Banjarmasin ada Baayun Mulud.
  • Maulid Nabi: Syair Pujian...
    Hikmah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:52 WIB
    Maulana Jalaluddin Rumi kerap kali melantunkan puji-pujian pada Rasulullah SAW lewat puisi dan syairnya. Dia persembahkan satu ghazal penuh untuk Nabi.
  • Masjid Jumat, di Sinilah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:03 WIB
    Rasulullah SAW mendirikan sholat Jumat pertama kali di Madinah, tepatnya di Masjid Jumat. Sayangnya, masjid dalam penegakan syiar Islam ini kerap terlupakan.
  • Meneladani Rasulullah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Ketua Program Studi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Institut PTIQ, Abdul Muid Nawawi mengatakan, Rasulullah memberikan banyak keteladan berbangsa dan bernegara.
  • 2 Gedung Tertinggi di...
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 20:47 WIB
    Masjidilharam telah mengalami beberapa kali perluasan dan renovasi hingga megah seperti sekarang ini. Di sekitar lokasi masjid ini, terdapat sejumlah bangunan dengan beragam fungsi.
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 21:49 WIB
    Kisah Sayyidah Aisyah meminta doa dari Nabi Muhammad SAW benar-benar menyentuh hati. Begini kalimat yang keluar dari lisan mulia Nabi shollallohu alaihi wasallam.
  • 3 Penyakit yang Merusak...
    Tausyiah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 06:45 WIB
    Ada tiga penyakit berbahaya dalam diri manusia yang dapat merusak peradaban manusia. Dari tiga penyakit ini terdapat satu penyakit yang paling berbahaya.
  • Perkara yang Harus Diketahui...
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:16 WIB
    Islam memiliki ketentuan bagi pasangan suami istri dalam menghadapi persoalan talak. Ada ketentuan-ketentuan dalam talak yang akan mewujudkan maslahat dan menjauhkan madharat dari mereka.
  • Hawa dari Tulang Rusuk...
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:10 WIB
    Tradisi pemahaman yang mempersepsikan Hawa dari tulang rusuk kiri Adam, bukan bersumber dari al-Quran tetapi pengaruh ajaran Kitab Suci sebelumnya.
  • Doa Menguatkan Hafalan,...
    Tausyiah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:15 WIB
    Setiap orang tentu ingin punya hafalan yang kuat terutama bagi penuntut ilmu dan penghafal Al-Quran. Berikut ijazah menguatkan hafalan dari Habib KH Said Agil Husin Al-Munawar.