Topik Terkait: Keutamaan Puasa ASyura (halaman 83)

  • Kumpulan Dalil Tentang...
    Hikmah
    Jum'at, 07 April 2023 - 09:31 WIB
    Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi umat Islam di dunia. Dalam hal ini, waktu tersebut menandai pertama kalinya Al-Quran diturunkan.
  • Menyegerakan Berbuka,...
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 16:08 WIB
    Di antara hal yang dianjurkan saat puasa adalah menyegerakan waktu buka puasa. Ini yang dikatakan sebagai sunnah puasa. Islam melarang melakukan puasa terus menerus tanpa ada waktu berbuka.
  • Mengapa Orang Kafir...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 November 2023 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, seluruh wilayah Kota Makkah sejatinya adalah Tanah Haram. Artinya, kaum kafir tidak boleh masuk kota ini. Selain itu, Non-muslim dilarang memasuki kota Makkah dan Madinah sampai batas tertentu.
  • 8 Kesalahan dalam Ibadah...
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 12:55 WIB
    Hari Raya Iduladha identik dengan ibadah kurban. Bagi umat Muslim yang berniat untuk mendapat limpahan pahala, bisa segera berkurban di momen tersebut.
  • Sejarah Tarawih: Mulai...
    Hikmah
    Minggu, 03 April 2022 - 17:01 WIB
    Pada zaman Rasulullah SAW, istilah sholat tarawih belum dipopulerkan. Istilah tarwih mulai dikenal di era Khalifah Umar bin Khattab dan setelah itu berkembang dinamis dari masa ke masa.
  • Memperbanyak Shalawat...
    Muslimah
    Jum'at, 10 September 2021 - 05:56 WIB
    Memperbanyak shalawat merupakan salah satu amalan yang dianjurkan pada hari Jumat ini, tak terkecuali oleh kaum muslimah. Dengan memperbanyak bacaan shalawat, maka kita akan mendapat syafaat dan keutamaan-keutamaannya.
  • Hukum Puasa Setelah...
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Keutamaan Malam 27 Rajab,...
    Muslimah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 18:14 WIB
    Malam ini, tepatnya malam 27 Rajab dalam kalender Islam adalah malam istimewa bagi umat muslim. Karena pada malam tersebut, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melewati malam dengan pengalaman spiritual yang luar biasa.
  • Khasiat Membaca Surat...
    Hikmah
    Senin, 20 November 2023 - 12:25 WIB
    Khasiat membaca surat Al-Waqiah, maka Allah Taala akan memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah kemudahan rezeki dan dihindari dari kesusahan.
  • Bacaan Zikir Setelah...
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 09:51 WIB
    Selain doa, ada bacaan zikir setelah salat Dhuha yang banyak keutamaan dan pahalanya bila diamalkan. Untuk bacaan zikirnya agak berbeda dengan bacaan zikir setelah salat fardhu.
  • 6 Amalan Wanita Haid...
    Muslimah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Bagi kaum wanita yang sedang berhadas, tidak perlu bersedih hati untuk mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar. Sebab, ada beberapa amalan yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan pahala keutamaan malam seribu bulan tersebut.
  • Doa Ziarah Kubur Singkat...
    Tips
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 22:32 WIB
    Ziarah kubur tidak hanya berkunjung ke pekuburan, namun dianjurkan mendoakan ahli kubur dan membacakan kalimat thayyibah untuk mereka. Berikut doanya.
  • Salat, Satu-satunya...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 14:50 WIB
    Tidak seperti puasa, zakat atau ibadah Haji yang diterima Nabi lewat Malaikat Jibril, ibadah yang satu ini benar-benar istimewa. Perintah salat diterima Nabi Muhammad langsung dari Allah Taala.
  • 8 Keutamaan Utsman bin...
    Hikmah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 15:40 WIB
    Sayyidina Utsman bin Affan radhiyallahu anhu termasuk salah satu di antara sahabat Nabi yang dijamin masuk surga sebagaimana sabda Rasululullah SAW. Berikut 8 keutamaannya.
  • Zakat Yang Penuh Dengan...
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 11:35 WIB
    Berbicara mengenai persoalan zakat, Allah SWT memerintahkan untuk mengeluarkan zakat bagi hambanya di dalam Alquran, dirikan sholat dan tunaikan zakat.
  • Puasa Syawal, Adat Tarim...
    Tausyiah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 10:00 WIB
    Dalam satu Hadis Nabawi, kita sangat dianjurkan dalam berpuasa 6 hari di bulan Syawal. Enam hari tersebut bisa juga kita lakukan di awal bulan, tengah ataupun terakhir.
  • Keutamaan Bekerja Menghindari...
    Tausyiah
    Senin, 28 Juni 2021 - 13:17 WIB
    Bekerja untuk menghindari kemiskinan dan kefakikan adalah termasuk ibadah. Bahkan jika diniatkan untuk Allah dan menafkahi keluarga maka ia termasuk Jihad Fi Sabilillah.
  • Tangisan yang Membuat...
    Muslimah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:35 WIB
    Menangis karena takut kepada murka Allah Subhanahu wa Taala adalah bukti kehambaan seorang muslim. Hati yang menangis penuh kesyahduan karena berharap ampunan-Nya tidak mungkin keluar dari hati yang keras karena penuh dengan maksiat.
  • Zakat untuk Sucikan...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:45 WIB
    Bulan puasa seperti yang sedang kita jalani saat ini biasanya dikaitkan dengan zakat, terutama zakat fitrah. Tapi, juga banyak umat Islam yang menunaikan zakat mal pada bulan puasa.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan...
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:58 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Mamuju, Sulawesi Barat dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.