Topik Terkait: Lisan (halaman 500)

  • Ternyata mengemis itu haram
    Tausiyah
    Rabu, 24 Juli 2013 - 07:11 WIB
    Mengemis yang dibolehkan adalah mengemis yang sekadar untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam kehidupan seseorang, itupun tidak boleh menjadi pekerjaan atau profesi, karena situasi daurat seharusnya tidak berlangsung lama.
  • Esensi berpuasa adalah perubahan
    Tausiyah
    Rabu, 24 Juli 2013 - 07:21 WIB
    Allah berfirman, &ldquoHai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orangorang sebelum kamu agar kamu bertakwa&rdquo (QS Al- Baqarah:183).&nbsp Ayat di atas menegaskan bahwa sasaran perintah berpuasa ditujukan pada orang yang beriman. Allah menggunakan kalimat Yaa ayyuhalladzina amanu tidak menggunakan kalimat &ldquoYaa ayyuhannas&rdquo (wahai manusia), bukan juga &ldquoYaa ayyuhal muslimun&rdquo (wahai orang-orang Islam).
  • Kaya Khasiat, pas untuk sahur dan berbuka
    Hikmah
    Kamis, 25 Juli 2013 - 07:39 WIB
    Penganan berbentuk mirip bambu kecil yang berasal dari pucuk tanaman rotan ini selalu menjadi menu favorit warga Kota Medan untuk sahur maupun buka puasa. Makanan khas daerah Tapanuli Selatan (Tapsel) ini pun mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan Kota Medan maupun di rumah makan.
  • Tiga wasiat nabi
    Tausiyah
    Kamis, 25 Juli 2013 - 09:17 WIB
    Ya Rasullah, berilah wasiat kepadaku. Beliau bersabda: Bertaqwalah kamu kepada Allah sesuai dengan kemampuanmu, berdzikirlah kepada Allah di setiap batu dan pohon, dan jika engkau melakukan suatu perbuatan buruk (dosa), maka perbaruilah untuknya taubatmu (bertaubat lagi).
  • Pengajian pasaran ala Majelis Taklim Rebo Wekasan
    Hikmah
    Kamis, 25 Juli 2013 - 20:19 WIB
    Kajian Kitab Klasik atau Kitab Kuning biasanya ditemukan pada pesantren. Namun bagi jamaah Majelis Taklim Rebo Wekasan, Pondok Terong, Cipayung, Depok, sengaja mengadakan pengajian pasaran atau khataman kitab kuning selama bulan Ramadan.
  • Allah beri jalan kemudahan dari tiap kesulitan
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 06:41 WIB
    Allah bukan saja menyuruh kita berbuat baik, melainkan Allah juga menyediakan jalan-jalan kebaikan buat kita. Secara sederhana pancaindra kita adalah modal dari Allah buat kita agar bisa berbuat baik.
  • Hari Jumat dan surat Al Kahfi
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 08:12 WIB
    &ldquoBarangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, cahaya antara kedua Jumat akan menyinarinya&rdquo (HR Hakim). Isyarat disunnahkannya membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat dapat kita tangkap betapa penting surat ini kita kaji untuk selanjutnya menjadi rujukan.
  • Alquran tepat benahi moralitas
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 09:01 WIB
    Alquran diturunkan untuk kemaslahatan semua umat manusia. Dengan dasar itu, kandungan Alquran sangatlah tepat sebagai petunjuk guna memperbaiki moralitas bangsa saat ini. Alquran adalah petunjuk yang sangat tepat karena di dalamnya terdapat nilai-nilai terbaik.
  • Allah beri jalan kemudahan dari tiap kesulitan
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 17:45 WIB
    Allah bukan saja menyuruh kita berbuat baik, melainkan Allah juga menyediakan jalan-jalan kebaikan buat kita. Secara sederhana pancaindra kita adalah modal dari Allah buat kita agar bisa berbuat baik.
  • Menyiapkan diri menjemput malam Lailatul Qadar
    Tausiyah
    Sabtu, 27 Juli 2013 - 07:13 WIB
    Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.&rdquo QS Al Qadar: 1 - 5
  • Hayatan thayyibah
    Tausiyah
    Sabtu, 27 Juli 2013 - 09:50 WIB
    Ada banyak permintaan yang kita panjatkan kepada Allah SWT dalam doa kita sehari-hari, salah satunya adalah memohon agar dianugerahi kehidupan yang baik, di dunia maupun di akhirat. Kehidupan yang baik diistilahkan oleh Alquran dengan hayatan thayyibah sebagaimana firman Allah SWT.
  • Setan dan dua pakaian
    Tausiyah
    Minggu, 28 Juli 2013 - 06:55 WIB
    Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kalian dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapak kalian dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya (QS 7:27).
  • Wamenhan: Terapkan nilai Alquran saat tugas
    Hikmah
    Senin, 29 Juli 2013 - 08:50 WIB
    Alquran mengandung nilai-nilai hukum, etika, dan moral yang tidak terbatasi waktu dan tempat. Lantaran begitu luas dan dalamnya kandungan itu, tidak salah jika nilai-nilai tersebut diterapkan jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) saat bertugas.
  • Sambut lailatul qadar, Keraton Solo gelar malam selikuran
    Hikmah
    Senin, 29 Juli 2013 - 08:53 WIB
    Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kota Solo, Jawa Tengah menggelar tradisi tahunan malam selikuran atau malam ke dua puluh satu puasa.
  • Puasa melawan nifak-tamak
    Tausiyah
    Senin, 29 Juli 2013 - 09:49 WIB
    Puasa semestinya melahirkan transformasi atau perubahan perilaku yang radikal dalam diri setiap muslim yang menunaikannya. Puasa harus merasuk ke jantung hati untuk membersihkan jiwa dari segala hawa nafsu yang kotor (fuzara) menuju jiwa yang utama atau muttaqa(QS Asy-Syams: 7&ndash8).
  • Ngabuburit ala seniman Magelang
    Hikmah
    Selasa, 30 Juli 2013 - 18:33 WIB
    Ratusan orang yang mulanya hanya menghabiskan waktu untuk menunggu datangnya buka puasa di Alun-alun Kota Magelang, mendapat siraman rohani dari sejumlah seniman.
  • Berbagi lewat parsel dan kartu Lebaran
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 08:46 WIB
    Anak-anak SD Khadijah Surabaya punya cara unik rayakan Ramadan. Salah satunya dengan mengadakan lomba menghias parsel sebagai bentuk kemurahan hati untuk berbagi. Acara yang diikuti siswa kelas I-VI ini sebenarnya merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan pondok Ramadan yang tiap tahun digelar oleh sekolah.
  • Masjid Wotgaleh, bangunan kuno yang jadi favorit
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 09:09 WIB
    Bangunan dengan arsitektur khas Keraton Yogyakarta, sampai saat ini terlihat masih tetap terjaga di Masjid Wotgaleh. Bahkan, masyarakat sekitarnya tetap menjadikan masjid tersebut sebagai tempat favorit dalam melakukan kegiatan keagamaan.
  • Penyakit masyarakat
    Tausiyah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 14:21 WIB
    Penyakit umat-umat (lain) akan mengenai umatku, (yaitu) mengingkari nikmat, sombong, bermegah-megahan, bermusuhan dalam (perkara) dunia, saling membenci, saling mendengki hingga melampaui batas (HR. Hakim).
  • Terima kasih Ramadan
    Tausiyah
    Jum'at, 02 Agustus 2013 - 06:37 WIB
    Dalam ibadah puasa tersimpan pembelajaran hidup agar sanggup menunda kenikmatan sesaat untuk tujuan kenikmatan lebih besar di masa mendatang. cara psikologis, bulan Ramadan adalah bulan interupsi, edukasi, dan revitalisasi melawan rutinitas hidup yang cenderung membuat aktivitas kita bersifat mekanistis dan tanpa kedalaman makna.