Topik Terkait: Masyariq (halaman 76)

  • Ketika Para Pembangkang...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Orang-orang Madinah ini terdiri dari tentara dan bukan tentara, dalam jumlah kecil, berhadapan dengan sebuah gabungan besar terdiri dari Abs, Zubyan, Gatafan dan kabilah-kabilah lain.
  • Mantiqut-Thair: Burung-Burung...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:55 WIB
    O Hudhud! Kau yang menjadi penunjuk jalan Raja Sulaiman dan menjadi utusan sejati dari lembah, yang beruntung dapat pergi hingga ke batas-batas Kerajaan Saba.
  • Tinggal di Rumah agar...
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Dalam Islam, yang wajib memberikan nafkah adalah suami. Dan suami diperintahkan untuk keluar rumah mencari nafkah. Wanita tidak diperbolehkan keluar rumah kecuali dengan izin suami.
  • Wajib Mencontoh Rasulullah...
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 09:15 WIB
    Di sela-sela kesibukannya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ternyata seorang yang bertanggung jawab dan penuh perhatian kepada keluarga, kepada anak-istri, cucu, bahkan anak-anak di sekitarnya.
  • Pesan Penting untuk...
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 13:06 WIB
    Banyak orangtua terlambat menyadari bahwa membangun akhlak positif anak perlu dilakukan sejak dini. Tiba-tiba mereka baru menyadari anaknya sering berkata dan bersikap kasar, sulit diajak ibadah salat, sering konflik dan lainnya.
  • Pada Fase Tertentu Manusia...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 09:44 WIB
    Imam Al-Ghazali menjelaskan, manusia mampu hidup dalam beberapa taraf yang berbeda. Manusia biasanya tidak cukup tahu tentang kemampuannya untuk membedakan.
  • Kisah Sang Raja dan...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:36 WIB
    Ada sebuah kisah motivasi yang dapat kita petik hikmahnya diceritakan oleh Ustaz Rikza Maulan (Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta).
  • Anak Adalah Amanah,...
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 21:50 WIB
    Seorang ibu adalah pendidik utama dan yang pertama bagi anak-anaknya. Dengan kata lain ibu memiliki tanggung jawab yang sangat berat untuk membina, mendidik, hingga membentuk karakter si anak.
  • Ini Mengapa Nabi dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan yang jelas, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Apa Jawaban Jika Ada...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 08:24 WIB
    Apabila seseorang memahami tentang cinta religius, ia tentu akan mengungkapkannya dengan cara sendiri, bukan menurut cara yang lazim bagi orang-orang yang tidak mengetahuinya.
  • Memprioritaskan Taubat...
    Muslimah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:45 WIB
    Di antara manusia terdapat segolongan orang yang mengetahui kesalahannya dan memahami keharaman perbuatan yang dilakukannya. Namun masih saja menunda-nunda taubat.
  • Halal dan Haram: Asal...
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:39 WIB
    Arena haram dalam syariat Islam itu sangat sempit sekali dan arena halal justru sangat luas. Nas-nas yang sahih dan tegas dalam hal-haram, jumlahnya sangat minim sekali
  • Pentingya Ilmu Manajemen...
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:30 WIB
    Pernikahan adalah anjuran Allah Taala bagi manusia untuk mempertahankan keberadaannya. Pernikahan juga untuk mengendalikan perkembangbiakan dengan cara yang sesuai dan menurut kaidah norma agama.
  • Hudhud: Cinta Mawar...
    Hikmah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 06:08 WIB
    Siapa yang mencari kesempurnaan diri janganlah menjadi budak cinta yang begitu cepat berlalu. Jika senyum Mawar itu menimbulkan berahimu, maka itu hanya akan mengisi hari demi harimu.
  • Keutamaan Tobat dan...
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Terdapat banyak ayat dalam Al Quran yang mengabarkan akan diterimanya tobat orang-orang yang melakukan tobat jika tobat mereka tulus, dengan banyak redaksi.
  • 3 Macam Akhlak Penghuni...
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:39 WIB
    Ulama besar kelahiran Khurasan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin menyebutkan tiga macam akhlak penghuni surga.
  • Ini Petunjuk Rasulullah...
    Muslimah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:41 WIB
    Tidak boleh cuek terkait memilih teman. Sebab, banyak orang yang terjerumus ke dalam lubang kemakisatan dan kesesatan karena pengaruh teman bergaul yang jelek.
  • Gampang Menangis, Sayyidah...
    Hikmah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 12:24 WIB
    Tatkala Rasulullah SAW sakit dan meminta agar Abu Bakar menggantikan menjadi imam salat, Aisyah mengusulkan agar Umar bin Khattan saja .Soalnya, Abu Bakar dianggap cepat terharu.
  • 3 Hak Anak yang Wajib...
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya mengatur urusan ibadah (hablumminallah), tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia (hablumminannas).
  • Bersabar Atas Tabiatnya...
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 21:15 WIB
    Ada ruang para perempuan untuk bisa memperoleh maaf atas segala kelakuannya, bersabar atas kebengkokan, dan sesungguhnya orang yang berhasrat untuk meluruskan mereka, hilanglah kesempatan untuk merasakan kenikmatan dengan mereka