Topik Terkait: Niat Dalam Amalan (halaman 93)

  • Puasa Ayyamul Bidh 3...
    Tips
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 17:08 WIB
    Puasa 3 hari pada pertengahan bulan Hijriyah dikenal dengan istilah Ayyamul Biidh. Puasa ini memiliki fadhillah (keutamaan) besar sebagaimana pesan Rasulullah dalam berbagai riwayat Hadis.
  • Amalan-amalan yang Bisa...
    Muslimah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 09:00 WIB
    Perempuan muslimah yang tengah mendapat haid (menstruasi) tentu tidak bisa menunaikan ibadah wajib dan ibadah sunnah seperti salat dan puasa. Namun banyak amalan lainnya yang bisa dikerjakan, ketika muslimah sedang datang bulan tersebut.
  • Makam Nabi Yaqub dalam...
    Hikmah
    Minggu, 05 November 2023 - 07:26 WIB
    Makam Nabi Yaqub dan putranya, Nabi Yusuf, ada di dalam sinagog Hebron, Palestina. Sinagog itu sendiri berada dalam kompleks Masjid Khalil Ibrahim.
  • Doa Masuk Masjid dan...
    Tips
    Senin, 11 Desember 2023 - 21:13 WIB
    Islam mengajarkan adab yang indah ketika memasuki masjid. Salah satunya berdoa dan memakai pakaian yang bersih dan indah saat memasukinya. Berikut doanya.
  • Ikhlas Sebagai Kunci...
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 08:31 WIB
    Iman adalah keyakinan dengan hati, ikrar dengan lisan, dan amalan dengan seluruh anggota badan, bertambah dengan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Taala dan ikhlas adalah perkara terpenting dalam amalan hati, yang sangat erat hubungannya dengan iman.
  • Beda Pendapat Ulama...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 10:48 WIB
    Prof Quraish Shihab mengatakan tidak menemukan adanya saksi dalam pernikahan disinggung secara tegas oleh Al-Quran, tetapi sekian banyak hadis menyinggungnya.
  • Benarkah Ada Istilah...
    Hikmah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 10:52 WIB
    Mati suri disebut sebagai fenomena dimana seseorang hidup kembali setelah dinyatakan meninggal dunia, benarkah demikian? Bagaimana Islam memandangn mati suri ini?
  • 5 Prinsip Ahlussunnah...
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 16:52 WIB
    Sering kita membaca berita, menyaksikan, seorang tokoh akhirnya bermasalah dengan hukum karena mengkritik pemerintah. Atau seorang tokoh yang kritikannya kepada pemerintah dirasakan kurang beradab.
  • Bolehkah Seorang Muslimah...
    Muslimah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 09:30 WIB
    Menunaikan ibadah haji menjadi dambaan umat Islam, tak terkecuali bagi kaum wanita muslimah. Hanya saja dalam melaksanakannya, bolehkah seorang muslimah menunaikan ibadah haji sendiri atau tanpa ditemani mahram?
  • Keistimewaan Surah Saba,...
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 10:16 WIB
    Surat Saba, dapat menjadi wasilah agar selamat dari berbagai macam bencana, atau untuk menyuburkan tanaman. Adapun caranya yaitu dengan membacanya secara istikamah.
  • Kenapa Ada Mazhab dalam...
    Tausiyah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 17:07 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Ahmad Sarwat mengulas tentang fiqih perbandingan mazhab saat mengisi kajian di Masjid An-Nabawi, Cipondoh, Tangerang.
  • Doa agar Diwafatkan...
    Tips
    Kamis, 02 November 2023 - 11:58 WIB
    Sebelum kematian itu datang, hendaknya kita selalu berdoa dan memohon kepada Allah agar diwafatkan dalam keadaan baik dan dalam keadaan beriman dan Islam.
  • Ragu Kebenaran? Berdoa...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 02:00 WIB
    Apabila seseorang sedang dilema atas sesuatu, apakah itu benar atau salah, asli atau palsu, maka hendaklah ia membaca Surat An-Naml ayat 93 sebagai berikut.
  • Fun Theory Dalam Menghafal...
    Tausiyah
    Jum'at, 01 Agustus 2014 - 17:18 WIB
    Murajaah (atau pengulangan hafalan Alquran) bagi kebanyakan orang yang sedang menghafal jadi momok tersendiri. Energi untuk murajaah jauh lebih banyak dibutuhkan, dibanding saat mereka sedang menjalani proses tahfiz (menghafal).
  • 8 Amalan Sunah Ringan...
    Muslimah
    Senin, 29 Mei 2023 - 11:00 WIB
    Banyak amalan sunah ringan yang bisa dilakukan sehari hari. Amalan ringan ini seringkali terlupakan, padahal bisa jadi dari amalan ringan ini menjadi sebab turunnya Rahmat Allah Taala.
  • 4 Orang Khulafaur Rasyidin,...
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 15:01 WIB
    Khulafaur Rasyidin adalah pemimpin yang mendapat petunjuk Allah Subhanahu wa taala dengan kearifan dan kebijaksanaan dalam memimpin umat Islam setelah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam wafat.
  • Kisah Nabi Musa dalam...
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 11:20 WIB
    Kisah Nabi Musa ini membuat tercengang juga: Firaun yang sangat kejam dan sangat melampaui batas itu justru mampu melahirkan seorang Nabi Musa.
  • 3 Jalan Mudah ke Surga...
    Muslimah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 10:14 WIB
    Ada seorang muslimah yang menyampaikan protes kepada Rasulullah SAW tentang peran perempuan yang dinilainya kurang adil dalam mendapatkan amalan untuk masuk surga. Padahal ternyata ada banyak jalan untuk meraih surga itu.
  • Niat Puasa Bulan Rajab...
    Tausyiah
    Minggu, 22 Januari 2023 - 21:42 WIB
    Niat puasa bulan Rajab perlu diketahui kaum muslimin yang hendak menjalankan ibadah sunnah tersebut. Berikut bacaan niat puasa Rajab lengkap Arab dan latinnya.
  • Zakat Profesi dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 10:35 WIB
    Zakat bersinonim dengan sedekah wajib. Dalam Al-Quran kata sedekah dalam berbagai bentuk dan derivasinya disebutkan sebanyak 154 kali