Topik Terkait: Rumah Tangga Dalam Islam (halaman 62)

  • Kiyai Yusuf Aman: Persaudaraan...
    Dunia Islam
    Rabu, 01 Februari 2023 - 21:06 WIB
    Dalam seminar ICIS yang digelar STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyyah Jakarta, Sekum MUI Jakarta KH Yusuf Aman menjelaskan, bahwa persaudaraan seiman lebih kokoh daripada saudara kandung.
  • Bolehkan Patungan untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 13:27 WIB
    Bagaimana hukum patungan untuk berkurban? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam bukunya Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syafii.
  • Agama Bukan Sekadar...
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 19:24 WIB
    Agama bukan hanya merupakan kebutuhan manusia, tetapi juga selalu relevan dengan kehidupannya. Begitu pendapat Quraish Shihab saat menjawab pertanyaan, apakah agama masih relevan dengan kehidupan masa kini?
  • Kisah Tragis Suksesi...
    Hikmah
    Senin, 23 September 2024 - 05:15 WIB
    Yazid bin Abdil Malik menjadi khalifah pada tahun 720-724 M. Ia menggantikan khalifah Umar bin Abdul Aziz. Ia terkenal sebagai khalifah yang senang berfoya-foya, berhura-hura dan bersenang-senang dengan wanita.
  • Syariat Islam Mengatur...
    Muslimah
    Minggu, 15 Agustus 2021 - 12:08 WIB
    Manusia adalah tempat salah dan dosa. Artinya, setiap manusia berpotensi durhaka kepada Allah Taala. Termasuk orang tua kita. Lantas, apakah kita boleh menasehati kedua orang tua kita?
  • Adab Berjabat Tangan,...
    Tips
    Minggu, 28 Juli 2024 - 11:34 WIB
    Jabat tangan merupakan amalan ringan yang dapat menggugurkan dosa-dosa. Bahkan Rasulullah Shallalahu Alaihi Wassalam selalu mengamalkannya dengan berjabat tangan dengan sesama muslim
  • Gara-Gara Ujub, Allah...
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Nabi ini memilih kematian. Maka, kemenangan mereka raih, tapi dalam waktu singkat, sehari, 70 ribu orang dari mereka mati. Jangan main-main dengan ujub.
  • Ternyata Orang Eropa...
    Hikmah
    Kamis, 05 November 2020 - 23:05 WIB
    Budaya mandi menggunakan sabun dan sikat gigi (siwak) merupakan budaya bersih yang diajarkan Islam. Berkat ajaran Islam inilah orang Eropa baru mengenal budaya mandi.
  • Baca Doa Ini Saat Masuk...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 15:42 WIB
    Semua orang pasti mendambakan keluarga yang harmonis dan rezeki lancar. Salah satu ikhtiarnya yaitu dengan menghidupkan amalan berikut secara istiqamah.
  • Fadhilah Surat Al Kafirun:...
    Tips
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 19:04 WIB
    Surat Al Kafirun ternyata memiliki keutamaan dan fadhilah yang luar biasa. Surat yang dimulai dengan ayat yang berbunyi Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun, ini merupakan surat ke 109 dalam Al-Quran.
  • Faedah Tolong Menolong,...
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 16:30 WIB
    Salah satu sebab turunnya pertolongan Allah atas seorang hamba adalah dengan membantu sesama. Bahkan di akhirat kelak, Allah Subhanahu wa Taala akan menolong dan membantu kita.
  • Kisah Raden Fatah: Pendiri...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:32 WIB
    Raden Fatah atau Patah adalah raja pertama dan pendiri Kerajaan Islam Demak. Trah Majapahit ini lahir di Palembang yang menolak suksesi di wilayah Sumatra tersebut.
  • Permainan dan Seni,...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:15 WIB
    Kebanyakan manusia terjerumus pada permasalahan antara berlebihan dan mempermudah, mengingat karena masalah permainan dan seni lebih berkaitan dengan perasaan hati nurani daripada akal dan pemikiran.
  • 7 Model Hubungan Suami...
    Muslimah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 14:14 WIB
    Dalam Islam, muamalah atau hubungan antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya
  • Menunaikan Ibadah Haji...
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 15:19 WIB
    Dalam al-Quran Surat Ali-Imran ayat 97 disebutkan dalil wajibnya haji untuk dilaksanakan dengan segera, sebab perintah mempunyai pengertian harus segera dilaksanakan.
  • Rahasia Agar Anak Berani...
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 16:50 WIB
    Gemar dan ikhlas berdakwah memiliki nilai keutamaan. Karena berdakwah akan mengihndarkan manusia pada kelalaian menjalankan amar maruf nahi mungkar dan dari kemalasan eribadah kepada Allah Taala.
  • Doa dan Amalan Agar...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 22:54 WIB
    Tidak semua orang mendapatkan keindahan rumah di surga kecuali mereka yang memiliki amal saleh. Berikut doa dan amalan agar dibangunkan rumah di dalam surga.
  • Pentingnya Menanam Akidah...
    Muslimah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 12:30 WIB
    Anak usia belia atau usia dini merupakan saat terpenting untuk penanaman pondasi akidah karena saat itu fitrah anak masih bersih. Inilah tanggung jawab ayah ibunya dan para guru agar anak tumbuh di atas fitrahnya yang lurus.
  • Hewan yang Tidak Memenuhi...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juni 2024 - 15:09 WIB
    Apabila seorang menyembelih hadyu atau kurban dan semisal keduanya dari sembelihan ibadah dan ia tidak mengetahui sakitnya kecuali setelah menyembelih, maka sesungguhnya ia tidak memadai, karena tujuan darinya tidak terpenuhi.
  • Hukum Hiburan, Syaikh...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juni 2024 - 14:53 WIB
    Islam adalah agama realis, tidak tenggelam dalam dunia khayal dan lamunan. Tetapi Islam berjalan bersama manusia di atas dunia realita dan alam kenyataan, tulis Syaikh Yusuf al-Qardhawi.