Topik Terkait: Rumah Tangga Dalam Islam (halaman 90)

  • Doa agar Haid Cepat...
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 09:13 WIB
    Doa agar haid cepat keluar bagi muslimah sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Al-Quran maupun hadis. Akan tetapi secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit.
  • Jasad Guru Ngaji Viral,...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 22:29 WIB
    Jasad guru ngaji yang masih utuh setelah 17 tahun dikubur menuai perbincangan publik. Berikut 10 golongan manusia yang jasadnya utuh di alam kubur.
  • Cara Pengeluaran Zakat...
    Tips
    Senin, 13 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Bila seseorang sudah mengeluarkan zakat gaji pada waktu menerimanya, maka tidak wajib zakat lagi pada waktu masa tempo tahunnya sampai, sehingga tidak terjadi kewajiban mengeluarkan zakat dua kali.
  • Ragam Makna Keadilan,...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:52 WIB
    Quraish Shihab mengatakan kata qisth, adl, dan mizan pada berbagai bentuknya digunakan oleh Al-Quran dalam konteks perintah kepada manusia untuk berlaku adil.
  • Reconquista dan Kisah...
    Hikmah
    Kamis, 25 Juli 2024 - 14:57 WIB
    Realita tersebut membuat kekuatan Islam semakin lemah sehingga kerajaan-kerajaan Kristen mulai berani menyerang Islam seperti Kerajaan Castilla, Aragon, Navarre, Leon, dan Portugal.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Mewaspadai Jika di Rumah...
    Tips
    Rabu, 29 September 2021 - 19:02 WIB
    Cicak adalah hewan yang tidak disukai Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa Sallam. Bahkan, dalam kasus tertentu, cicak dihukumi wajib dibunuh. Lantas, bagaimana jika di rumah kita banyak cicak ?
  • Biografi Abu Hasan Al-Asyari,...
    Hikmah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 23:52 WIB
    Sosok ulama satu ini pasti tak asing bagi umat muslim karena dikenal sebagai pendiri manhaj Ahlu Sunnah Waljamaah. Beliau adalah Imam Abu Hasan Al-Asyari, kelahiran Basrah abad ke-3 H.
  • Tadabbur Al-Maidah Ayat...
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 07:01 WIB
    Tadabbur ayat kali membahas tentang makanan yang dihalalkan Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 4. Makanan yang halal ini adalah makanan yang baik-baik berdasarkan syariat.
  • Subhanallah! Shalat...
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 16:44 WIB
    Shalat merupakan tiang agama dan amalan yang pertama kali dihisab di hari Kiamat. Saking berharganya shalat, Islam menempatkannya sebagai rukun kedua setelah syahadat.
  • Peringatan Maulid Nabi...
    Tausyiah
    Kamis, 28 September 2023 - 10:16 WIB
    Hari ini umat Islam memperingati Maulid Nabi bertepatan jatuh Kamis, 12 Rabiul Awal atau 28 September 2023. Berikut penjelasan Maulid Nabi dalam perspektif Hadis Sahih.
  • Omong Kosong dan Dalih...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 15:10 WIB
    Tujuan Israel, ternyata, adalah membebaskan Lebanon dari para pejuang Palestina dan pasukan Syria dan mengintimidasi Lebanon agar menandatangani perjanjian perdamaian.
  • Anak Perempuan Penghalang...
    Muslimah
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 11:55 WIB
    Beruntunglah orang tua yang memiliki anak perempuan, karena ternyata anak perempuan akan menjadi penghalang untuk orang tuanya dari api neraka.Ada banyak dalil yang menunjukkan keutamaannya.
  • Ustaz Dokter Zaidul...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Dai Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JRS) Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengajak kaum muslimin untuk membangun optimisme seperti yang diajarkan Baginda Rasulullah.
  • Benarkah Salat di Rumah...
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 14:01 WIB
    Benarkah salat di rumah lebih utama bagi wanita? Bagaimana dengan pahala salat jamaah di masjid? Pertanyaan tersebut cukup pupoler di kalangan muslimah saat ini.
  • Sebab-Sebab Kehancuran...
    Tausyiah
    Senin, 14 September 2020 - 05:10 WIB
    Setiap umat ada ajalnya. Ada masa berakhirnya kejayaan dan kehidupan mereka. Rasulullah ? telah menyampaikan kepada kita tentang sebab-sebabnya kehancuran umat terdahulu.
  • Doa Menolak Firasat...
    Tips
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 18:22 WIB
    Doa ketika kejatuhan cicak perlu dibaca seorang muslim bukan karena mempercayai mitos akan terjadi hal buruk pada dirinya, melainkan sebagai penghilang pikiran-pikiran buruk.
  • Lakukan Amalan ini,...
    Muslimah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 22:06 WIB
    Bukan tidak mungkin perempuan muslimah dapat dengan mudah masuk surga jika melakukan amal kebaikan dan menjauhi syirik. Hendaknya perempuan juga menjauhi sifat ciri wanita yang sulit masuk surga
  • 2 Kiat Penting Berlomba...
    Tips
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:01 WIB
    Berlomba-lomba dalam hal dunia paling banyak dilakukan manusia, seperti berkompetisi meraih jabatan, harta dan kepentingan dunia lainnya. Sebaliknya, sangat jarang yang mau berlomba-lomba dalam hal akhirat.
  • Doa dan Wirid Awal Tahun...
    Tips
    Senin, 17 Juli 2023 - 14:30 WIB
    Doa dan wirid awal tahun hijriah ini bisa diamalkan saat pergantian kalender Islam 1.445 Hijriyah nanti. Doa dan wirid ini diamalkan setelah salat maghrib tanggal 1 Muharram dan dianjurkan membaca doa awal tahun hijriyah ini.
  • Mengenal Al-Ahqaf, Tempat...
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Juli 2023 - 12:42 WIB
    Kaum Ad jadi salah satu kaum yang disebut dalam kitab suci Al Quran. Mereka termasuk ke dalam suku kuno di masa kenabian yang dimusnahkan dengan berbagai bencana.