Topik Terkait: Sejarah Hamas (halaman 15)

  • Ubaidillah bin Ziyad,...
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 14:56 WIB
    Ubaidillah bin Ziyad mendapuk dirinya sendiri menjadi khalifah kaum Muslimin dan mengambil baiat dari masyarakat di Basrah dan Kufah, yang umumnya adalah mendukung Husein bin Ali.
  • 5 Fakta Tamim Ad Dari,...
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 12:30 WIB
    Tamim Ad Dari merupakan seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang berasal dari Palestina. Tamim Ad Dari dulunya adalah seorang pendeta Nasrani yang masuk Islam setelah mendengar dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
  • Perayaan Wisuda Paling...
    Dunia Islam
    Senin, 04 September 2023 - 06:40 WIB
    Perayaan wisuda paling wah dalam sejarah Islam pernah diadakan di masa Abbasiyah. Kala itu Khalifah Al-Mutawakkil mengeluarkan 100.000 Dinar lebih atau setara Rp400 M untuk merayakan wisuda putranya.
  • Pengertian Munafik Beserta...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:49 WIB
    Dalam terminologi Islam, munafik ini merujuk kepada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tetapi sebenarnya hati mereka memungkirinya. Hal ini, tentu sangat mengerikan dan berbahaya
  • Konflik Politik Berdarah...
    Dunia Islam
    Kamis, 24 Maret 2022 - 18:51 WIB
    Konflik politik berdarah dan pembunuhan khalifah pada Dinasti Abbasiyah seakan menjadi tradisi. Ini akibat kesalahan penerapan pada sistem pengangkatan putra mahkota.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Mimpi Al-Mamun...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Di sini gerakan penerjemahan buku-buku ilmiah gencar dilakukan. Konon, dorongan di balik gerakan ini adalah karena pertemuan Khalifah Al-Mamun dengan Aristoteles dalam mimpi.
  • 5 Penguasa yang Pernah...
    Hikmah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 15:19 WIB
    Setidaknya ada 5 penguasa yang pernah bersurat dengan Nabi Muhammad SAW. Surat-surat tersebut sebagai balasan atas surat yang dikirim Nabi tentang ajakan memeluk Islam.
  • Kesaksian Shafiyah:...
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 16:10 WIB
    Nabi SAW melakukan kontak pertama kali dengan orang-orang Yahudi tatkala di Quba. Tokoh Yahudi yang menjumpainya membenarkan kenabihan Muhammad tapi menolak memeluk Islam.
  • Rahasia Kemenangan Tentara...
    Hikmah
    Rabu, 08 Januari 2020 - 17:29 WIB
    Dalam Buku The Art of Islamic War karya Shohihul Hasan diulas bagaimana pasukan muslim mendapat kemenangan besar ketika berhadapan dengan musuh-musuhnya.
  • Profil Hamas, Gerakan...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Oktober 2023 - 15:00 WIB
    Secara politis, Hamas menguasai Jalur Gaza, wilayah seluas sekitar 365 km persegi (141 mil persegi) yang merupakan rumah bagi lebih dari dua juta orang tetapi diblokade oleh Israel
  • Ini Mengapa Nabi Musa...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:40 WIB
    Michael H Hart memasukkan Nabi Musa as dalam urutan ke-16 sebagai tokoh berpengaruh dalam sejarah. Dia menyebut Musa sebagai nabi orang Yahudi yang dikagumi di seluruh dunia Islam maupun Kristen
  • Begini Lafadz Azan saat...
    Tausyiah
    Minggu, 21 April 2024 - 09:52 WIB
    Lafadz azan saat hujan badai melanda penting diketahui umat Muslim. Jika dibandingkan dengan azan biasa, ada sedikit perbedaan dalam bacaannya.
  • Nebukadnezar: Pembunuh...
    Dunia Islam
    Kamis, 09 Desember 2021 - 16:15 WIB
    Nebukadnezar adalah pembantai puluhan ribu orang dan juga perusak masjid al-Aqsa. Di sisi lain selama 7 tahun ia menderita gangguan mental. Ia merasa dirinya adalah sapi.
  • Kisah Kedermawanan Khalifah...
    Dunia Islam
    Senin, 30 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Harun Al-Rasyid adalah khalifah Dinasi Abbasiyah yang dikenal amat dermawan. Sungguh tak pernah ada seorang khalifah yang setara dengannya dalam hal kedermawanan.
  • Makna Khusus Perang...
    Hikmah
    Senin, 12 Agustus 2024 - 07:01 WIB
    Perang Salib terjadi selain karena keputusan Paus Urbanus II, juga dikarenakan cairnya hubungan antara Roma yang Katolik dengan Konstantinopel yang Ortodoks menjelang terjadinya Perang Salib I.
  • Sejarah Pemilu dalam...
    Hikmah
    Senin, 05 Februari 2024 - 15:40 WIB
    Pemilu dalam sejarah peradaban Islam ditemukan dari peristiwa yang mengarah pada bentuk sebuah pemilu yang kemudian dijadikan landasan oleh para ulama sekarang untuk membenarkan pemilu yang saat ini dipraktekkan.
  • Kisah Roma Hampir Ditaklukkan...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 September 2024 - 18:59 WIB
    Kisah Roma hampir ditaklukkan Islam, Gereja Santo Petrus dikepung terjadi pada tahun 846. Kala itu, pasukan Muslim menyerbu wilayah sekitar kota Roma.
  • Amalan di Malam Nuzulul...
    Tips
    Kamis, 06 April 2023 - 03:05 WIB
    Amalan di malam Nuzulul Quran yang paling utama adalah berdoa dan menjadi momen yang paling baik untuk berinteraksi dengan Al-Quran. Kenapa demikian?
  • Sejarah Disyariatkannya...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Makan sahur saat puasa Ramadan merupakan sunnah Nabi dan bagian dari syiar Islam. Berikut sejarah disyariatkannya makan sahur bagi umat muslim.
  • Rakyat Nusantara Memeluk...
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Bernard H.M. Vlekke mengatakan masyarakat Nusantara masuk Islam bukan disebabkan keyakinan, tapi disebabkan oleh motif-motif tersembunyi dan non-religius.