Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 74)

  • Asal-usul Nama Yahudi...
    Hikmah
    Sabtu, 21 Januari 2023 - 15:10 WIB
    Nama Yahudi kemudian tetap diperuntukkan kepada mereka yang menolak kenabian dari Isa Al-Masih .Mereka juga menolak kitab suci Injil. Bahkan mereka menuduh Siti Maryam sebagai perempuan pezina
  • Fungsi Utama Al-Quran...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 11:37 WIB
    Demikian juga dengan peraturan lalulintas menuju kehidupan yang lebih jauh, kehidupan sesudah mati. Di sini, siapakah yang seharusnya membuat peraturan-peraturan menuju perjalanan yang sangat jauh itu?
  • Hadis Arbain: Meninggalkan...
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 11:17 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-12 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Penaklukan Yerusalem:...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 13:40 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab membuat perjanjian dengan para utusan Severinus, Uskup Agung Baitulmukadas, atas dasar perjanjian Damsyik. Berikut isi perjanjian tersebut.
  • Deretan Sahabat Nabi...
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 14:44 WIB
    Ketika dakwah Islam dilakukan terang-terangan di Mekkah, Nabi Muhammad SAW mengalami ujian amat berat. Bahkan para Sahabat Nabi mendapat siksaan keras dari kaum musyrik Quraisy.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Keberkahan Sayuran Labu...
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 19:00 WIB
    Sayuran labu termasuk salah satu sayuran yang disebut dalam Al-Quran. Sayuran labu disukai para nabi termasuk disukai oleh Rasulullah Shallalhu Alaihi wa Sallam.
  • Rasulullah SAW Tegur...
    Hikmah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 22:08 WIB
    Banyak orang yang melaksanakan sholat namuan hakikatnya dia dianggap belum sholat. Berikut kisah seorang laki-laki yang ditegur Rasulullah SAW berulang kali usai sholat.
  • UAH Beberkan Temuan...
    Tausyiah
    Kamis, 24 September 2020 - 09:06 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) akhirnya menyebut nama julukan herbal Covid-19 yang bersumber dari Hadis Nabi. Hal itu disampaikannya saat Live Zoom yang digelar Komunitas Orbit Lintas Karya.
  • Taman, Karpet, Lengkungan...
    Dunia Islam
    Senin, 27 September 2021 - 16:33 WIB
    Ehsan Masood menulis banyak kenikmatan yang kita dapatkan sehari-harinya ditemukan di dunia Islam tetapi sejarahnya tidak diketahui banyak orang.
  • Mengagumkan, Jejak Kaki...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:06 WIB
    Arab Saudi merilis gambar detail yang belum pernah dilihat sebelumnya dari Maqam Ibrahim, atau jejak kaki nabi Ibrahim saat membangun kakbah di Masjidil Haram.
  • 5 Ayat dan Hadis Tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Ayat dan hadis tentang malam Nuzulul Quran penting diketahui umat Muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga sebagai pengingat peristiwa bersejarah dalam agama Islam tersebut.
  • 3 Marga Arab yang Bukan...
    Dunia Islam
    Senin, 15 Agustus 2022 - 07:15 WIB
    Marga Arab yang bukan keturunan Nabi Muhammad di Indonesia menarik untuk diulas. Tidak semua marga Arab merupakan keturunan Nabi yang biasa dipanggil Habib.
  • Mahar Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 16:56 WIB
    Emas kawin atau mahar Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah ra saat menikah jika dikonversikan dengan emas adalah 200 gram emas terbaik, atau sebanyak 500 dirham.
  • Kisah Jin yang Berdesakan...
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 16:45 WIB
    Dijelaskan dalam shahih Muslim, ketika Rasulullah SAW berdiri dan membaca Alquran dan ketika itu Iblis melihat pintu-pintu langit ditutup dan tidak bisa lagi ditembus oleh Iblis dan pasukannya.
  • Berikut Ini 9 Perempuan...
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 06:20 WIB
    Selama hidupnya, Umar bin Khattab mengawini 9 perempuan yang kemudian memberikan keturunan 12 orang anak, terdiri 8 laki-laki dan 4 orang anak perempuan.
  • Catatan Sejarah: Miliuner...
    Dunia Islam
    Senin, 30 Oktober 2023 - 07:46 WIB
    Keluarga Rothschild tercatat sebagai bohir pembangunan permukiman Yahudi di Palestina sejak menjelang jatuhnya Daulah Utsmaniyah. Miliuner Yahudi ini andil dalam pendudukan Israel di Palestina.
  • Islam Tak Melarang Memelihara...
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 05:00 WIB
    Siapa yang memelihara anjing selain untuk menggembala binatang ternak atau berburu atau menjaga kebun atau tanaman, maka pahalanya dikurangi satu qirath (seperempat gram) tiap harinya
  • Sejarah Munculnya Istilah...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Mei 2021 - 17:10 WIB
    Halal Bihalal berasal dari akar kata Halla-Yahillu yang berarti singgah, memecahkan, melepaskan, menguraikan, mengampuni. Berikut sejarah munculnya Halal Bihalal di Indonesia.
  • Sebelum Diturunkan ke...
    Muslimah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 14:50 WIB
    Kisah Nabi Adam dan Hawa ini sudah sering kita dengar, namun pernahkah kita bertanya, di surga manakah sebenarnya Adam dan Hawa tinggal sebelum diturunkan ke bumi?
  • Kisah Nabi Ibrahim,...
    Hikmah
    Kamis, 27 Januari 2022 - 12:15 WIB
    Nabi Ibrahim AS sudah mendapat mukjizat dari Allah SWT sejak bayi. Kekasih Allah ini lahir di dalam gua. Saat bayi tidak ada yang menyusuinya. Dia bertahan hidup, bahkan tumbuh secara menakjubkan.