6 Amal Perbuatan yang Membuka Pintu Rezeki

Kamis, 20 Februari 2020 - 23:53 WIB
6 Amal Perbuatan yang Membuka Pintu Rezeki
6 Amal Perbuatan yang Membuka Pintu Rezeki
A A A
Rezeki adalah karunia yang diberikan Allah Ta'ala kepada makhluk-Nya. Rezeki tak hanya berupa materi seperti emas, rumah, harta benda, kendaraan, pakaian dan bentuk fisik lainnya. Lebih dari itu, kesehatan, ilmu, ketenangan juga termasuk rezeki besar.

"Allah melapangkan rezeki siapa saja yang Dia kehendaki dan menyempitkan (rezeki siapa saja yang Dia kehendaki)…" (Surah Ar-Ra'd: 26)

Ulama besar Al-Imam As-Suyuthi (wafat 911 H) mengemukakan ada dua cara dalam membuka pintu rezeki. Keduanya adalah dengan berzikir (doa) dan amal perbuatan. Berikut 6 amal perbuatan yang bisa membuka pintu rezeki.

1. Berdagang.
Dalam Al-Mughni 'an Hamlil Asfar, Al-Hafizh Al-‘Iraqi pada hadit No. 1576 membawakan hadis, "Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki." Diriwayatkan oleh Ibrahim Al-Harbi dalam Gharib Al-Hadits dari hadits Nu'aim bin 'Abdirrahman

2. Menjaga dan Menyambung Silaturrahim.
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya ia menyambung (tali) silaturahim." (HR Al-Bukhari).

3. Banyak Bersedekah.
Allah Ta'ala berfirman, "Katakanlah: 'Sesungguhnya Robb ku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki Nya)’, dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba': 39).

Dalam hadis Qudsi juga disebutkan, Allah berfirman: "Wahai anak Adam, bersedekahlah, niscaya Aku memberi rezeki kepadamu." (HR Abu Daud).

4. Membantu Para Penuntut Ilmu.
Dikisahkan, "Dahulu ada dua saudara pada masa Rasulullah SAW. Salah seorang mendatangi Nabi dan (saudaranya) yang lain bekerja. Lalu saudaranya yang bekerja itu mengadu kepada Nabi, maka Baginda SAW bersabda, "Mudah-mudahan engkau diberi rezeki dengan sebab dia." (HR Tirmizi, Al-Hakim).

5. Membantu Orang Lemah.
Rasulullah SAW bersabda, "Bantulah orang-orang lemah, karena kalian diberi rezeki dan ditolong lantaran orang-orang lemah di antara kalian." (HR Muslim dan An-Nasa'i).

6. Berhijrah.
"Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak." (QS An-Nisa': 100).
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3007 seconds (0.1#10.140)