Asyiknya ngabuburit naik delman domba

loading...
Asyiknya ngabuburit naik delman domba
Asyiknya ngabuburit naik delman domba
Sindonews.com - Banyak cara yang dilakukan warga Kabupaten Ciamis untuk menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya, menaiki alat transportasi mini delman domba atau lebih dikenal dengan sebutan deldom.

Deldom adalah alat transportasi mini yang hanya bisa dijumpai di Taman Raflesia, Alun-Alun Kabupaten Ciamis. Selain digemari kalangan anak-anak deldom juga menjadi sarana rekreasi bagi orang tua dan remaja. Mereka senang melihat deldom karena bentuknya unik. Selain deldom, berbagai aneka permaiaan dan pemandangan di seputar taman Raflesia Ciamis membuat banyak orang betah.

Untuk itu, kawasan Raflesia Ciamis tidak pernah sepi dikunjungi. Apalagi menjelang berbuka puasa sepanjang Ramadhan. Karena ukuranya mini, setiap deldom hanya boleh ditunggangi oleh satu sampai empat anak. Menurut Feri (34), salah seorang ojek deldom menceritakan kehadiran deldom di Ciamis pertama kali muncul pada 1993 lalu. Deldom dirancang secara kebetulan oleh seorang peternak domba bernama Sukandi (alm) yang tinggal di Lembur Balong, Kelurahan Ciamis.

Belakangan deldom dijadikan sumber pencaharaian warga alun-alun dan sekitarnya. Jumlahnya pun semakin banyak.

“Sekali pun banyak, kalau lagi Ramadan penghasilan yang di bawa ke rumah lumayan juga. Untuk satu putaran taman raflesia tarif deldom merata yaitu sebesar Rp4.000 per anak,” terang Fery.

(azh)
cover top ayah
فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَكُنۡ مِّنَ السّٰجِدِيۡنَۙ‏
maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (shalat),

(QS. Al-Hijr:98)
cover bottom ayah
preload video