Mudik Lebaran, 7 juta kendaraan melintas di Solo

Jum'at, 19 Juli 2013 - 14:54 WIB
Mudik Lebaran, 7 juta kendaraan melintas di Solo
Mudik Lebaran, 7 juta kendaraan melintas di Solo
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, memprediksi tujuh juta kendaraan bakal melintas di Kota Solo, saat arus mudik maupun arus balik Ramadan.

"Kita perkirakan yang melintas sebanyak itu, meskipun presentase harianya berubah-ubah," ujar Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad, kepada wartawan, Jumat (19/7/2013).

Menurutnya, kendaraan yang melintas tersebut didasari angka kendaraan yang melintas pada tahun-tahun sebelumnya. Pada 2012, kendaraan yang melintas di Kota Solo, H-7 hingga H+7 sebanyak 6,9 juta unit. Kedepannya, jumlah tersebut diperkirakan naik sekitar 7,6 juta unit.

Prediksi kenaikan jumlah kendaraan tersebut, sangat mungkin terjadi. Apalagi, dari tahun ke tahun, Jalur Lintas Selatan Jawa itu sangat diminati oleh para pemudik yang berasal dari DKI Jakarta, atau Jabar yang akan menuju ke Jawa Timur.

"Yang menarik pengguna jalan untuk melintas di jalur selatan itu karena kulinernya. Sehingga mereka lewat jalur selatan dan melintasi Solo, ketika akan ke Jawa Timur," sambungnya.

Dilanjutkan, pusat oleh-oleh yang tersebar di jalan itu banyak tersebar di Jogja-Solo. Untuk itu, pihaknya menyiapkan puluhan rambu portebel yang akan ditempatkan disejumlah simpang yang ada di Kota Solo.

Dalam rambu portabel tersebut, nantinya akan diatur mengenai jalan alternatif yang bisa dilewati oleh para pemudik yang akan melintas di Kota Solo.

Sehingga, nantinya para pemudik tersebut bisa melintasi Kota Solo dengan lancar. "Ada petugas yang akan kami tempatkan di titik-titik persimpangan. Selain itu rambu portabel akan tetap kami pasang untuk kelancaran arus mudik," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7598 seconds (0.1#10.140)