Perbaikan Jalur Pantura dilanjutkan usai Lebaran

Selasa, 30 Juli 2013 - 20:45 WIB
Perbaikan Jalur Pantura dilanjutkan usai Lebaran
Perbaikan Jalur Pantura dilanjutkan usai Lebaran
A A A
Sindonews.com - Harapan para pemudik untuk pulang kampung melintas di jalan yang mulus rupanya bakal kesampaian. Karena perbaikan salah satu ruas di jalur Pantura, di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, harus dilanjutkan seusai arus balik.

Perbaikan jalan yang rusak berat di kilometer 52+350 hingga 53+01 sebenarnya ditargetkan selesai pada H-10 lebaran. Namun karena terjadi banyak hambatan, pengerjaan pengaspalan jalan menjadi tertunda.

Pihak pelaksana proyek menyatakan akan membuka ruas jalan yang masih setengah jadi tersebut pada saat arus mudik dimulai atau H-7 lebaran. Pihaknya menjamin bahwa ruas jalan tersebut aman dilalui pemudik. Sementara kelanjutan proyek tersebut akan dikerjakan seusai arus balik yakni pada H+7 lebaran.

"Keterlambatan ini karena sering terjadi gangguan akibat kendaraan yang mogok dan rusak ditengah jalan. Karena arus lalu lintas menjadi semakin padat dan macet, kami memilih menghentikan pekerjaan," kata Wili, pelaksana proyek jalur Pantura, Selasa (30/7/2013).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah pekerja tengah menyelesaikan finishing untuk mempersiapkan pembukaan jalur Pantura. Kondisi jalan yang masih setengah jadi ini disiram dengan lapisan dasar aspal. Lapisan aspal cair ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya debu dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Penyiraman lapisan aspal ini agar jalan tidak menjadi licin. Sehingga tetap aman untuk dilalui kendaraan," kata Willy.

Jadwal pengerjaan proyek ini sebenarnya ditargetkan selesai dalam hitungan 15 hari. Namun karena berbagai alasan, pengaspalan badan jalan akan dilanjutkan seusai arus mudik dan balik.

"Betonan fondasi sudah selesai dikerjakan, diflankote agar jalan tidak berdebu saat arus mudik nanti. Rabu pagi pihak kepolisian akan membuka jalan tersebut. Kondisi jalan aman untuk dilalui pemudik," tandas Willy.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4841 seconds (0.1#10.140)