Perbaikan Jalur Mudik Tutugan Leuweung Garut Dikebut

Selasa, 24 Juni 2014 - 15:55 WIB
Perbaikan Jalur Mudik Tutugan Leuweung Garut Dikebut
Perbaikan Jalur Mudik Tutugan Leuweung Garut Dikebut
A A A
GARUT - Jalan Raya Bandung-Garut di kawasan Tutugan Leuweung Tiis, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diperbaiki sepanjang 1,8 km. Jalan provinsi dengan lebar 10 meter tersebut mengalami rusak parah.

“Target pengerjaan jalan ini sejak awal adalah 120 hari. Sebelum H-10 Lebaran mendatang, pekerjaan mayornya harus sudah selesai,” kata pengawas lapangan pekerjaan jalan Asep, ketika ditemui, Selasa (24/6/2014).

Selain mengerjakan perbaikan jalan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun akan melakukan pelebaran di jalur tersebut sepanjang 50 meter. Bagian yang bahu jalannya ditambah pada pelebaran ini adalah lajur menuju arah Bandung.

“Pelebaran jalannya kami menggunakan material beton. Nanti, jalur menuju beton jalur sebelah kirinya akan dilebarkan,” terangnya.

Proses perbaikan jalan yang dikerjakan ini meliputi pembongkaran jalan yang berlubang, kemudian ditambal dan dipadatkan dengan menggunakan alat berat. Setelah perbaikan dan pelebaran selesai, tahap selanjutnya adalah pelapisan ulang.

Diberitakan sebelumnya, secara keseluruhan Dinas Binamarga Kabupaten Garut optimis perbaikan jalan rusak di Garut akan selesai pada H-10 Lebaran. Selain memperbaiki jalan utama, hingga kini pemerintah juga memperbaiki sejumlah jalur alternatif yang mengalami kerusakan.

“Kami masih terus melakukan perbaikan dengan cara menambal jalan-jalan yang berlubang. Sudah ada beberapa jalur alternatif yang telah diselesaikan pengerjaannya,” kata Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Garut Eded Komara Nugraha.

Eded mengaku, keterbatasan anggaran menyebabkan pihaknya tidak dapat menyelesaikan perbaikan seluruh jalan berlubang di Garut. Dia memperkirakan, dari total panjang jalan 828,76 km, sekira 300 km di antaranya mengalami kerusakan.

“Dari panjang 300 km itu, kami tidak bisa memperbaiki seluruhnya. Keterbatasan anggaran membuat kami lebih mempioritaskan jalan lain dulu yang memang sering dilintasi kendaraan,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, jalur alternatif lain yang sudah diperbaiki ini adalah jalur dari wilayah Kecamatan Garut Kota-Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi, jalur Kecamatan Garut Kota-Kecamatan Wanaraja, Kecamatan Garut Kota-Kecamatan Tarogong, dan jalur Kecamatan Leuwigoong-Limbangan.

“Total anggaran untuk menambal seluruh jalan adalah Rp4,8 miliar, sementara untuk merawat bahu jalan dan saluran Rp1,8 miliar,” sebutnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5406 seconds (0.1#10.140)