Jembatan Darurat Comal Tak Selesai, Ratusan Truk Masih Terjebak

Senin, 21 Juli 2014 - 10:04 WIB
Jembatan Darurat Comal...
Jembatan Darurat Comal Tak Selesai, Ratusan Truk Masih Terjebak
A A A
PEMALANG - Perbaikan Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah hingga kini terus dilakukan. Upaya pemasangan jembatan darurat atau aramko berupa gorong- gorong baja, hingga kini belum selesai. Padahal sesuai rencana seharusnya sudah terpasang namun ternyata meleset dari rencana.

Setelah jembatan ini terpasang, akan dilakukan pengurukan dan pemadatan, baru bisa diaspal dan dilalui kendaraan.

Aparat Zeni Konstruksi dan para pekerja teknis terus mengupayakan agak jembatan ini bisa dilalui pemudik pada hari Kamis mendatang atau H -3 lebaran.

Kepala Satuan Kerja Wilayah V Bina Marga, Jawa Tengah Sumarjono, menyebutkan tetap optimistis target bisa dikejar yaitu hari Kamis bisa dilalui arus mudik.

“Kita masih terus bekerja sekuat tenaga agar jembatan darurat segera rampung dan bisa dilalui pemudik pada H-3 atau hari Kamis mendatang. Pekerjaan tak ada kendala semua material sudah datang termasuk tiang pancang jembatan serta bahan bangunan lainnya, “ jelasnya.

Akibat perbaikan jembatan ini, ratusan truk dari arah Surabaya ke Jakarta dan sebaliknya Jakarta ke Surabaya, sudah empat hari ini terjebak di Jalur Pantura dari Pemalang hingga Pekalongan.

Para awak armada angkutan berat ini tetap menunggu dan tidak mau berbalik arah menggunakan jalur Selatan karena juga macet parah dan menambah biaya perjalanan.

Mereka tetap nekat menunggu padahal saat jembatan darurat sudah jadipun, truk- truk ini tidak boleh lewat karena batas maksimal tonase yang diperbolehkan maksimal 10 ton. Sedangkan truk – truk tersebut membawa beban rata- rata diatas 10 ton.

“Kami menunggu sudah empat hari, dan belum tahu sampai kapan bisa lewat jembatan tersebut. Padahal kami seharunya sudah sampai Jakarta, bekal kami sudah menipis untuk berbalik arah juga tidak mungkin karena jalur Selatan juga macet, “ jelas Budi sopir truk.

Sementara, arus lalu lintas jalan pantura melalui Pemalang - Pekalongan menunjukan peningkatan cukup tinggi pada hari ini. Pemudik yang menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor mulai memadati pantura.

Karena perbaikan Jembatan Comal ini, mereka diarahkan menggunakan jalan alternatif . Jalan dari Pemalang – Petarukan - Ampelgading – Pertigaan Comal baru ke Selatan – Desa Banglarang – Blimbing- Jembatan Kemuning- Bodeh – kembali ke jalur Pantura Comal dan ke arah Semarang, sekitar sejauh 30 km.

Dari arah timur atau arah Surabaya – Jakarta, sesampai pertigaan Comal atau Blandong ke Selatan – Bodeh- Jembatan Kemuning- Ampelgading- Pemalang ke arah Jakarta, jarak tempuh sekitar 30 km. Kondisi jalan altenatif sempit, sangat padat bahkan macet, harus jalan satu- persatu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0591 seconds (0.1#10.140)