Surat Yusuf Ayat 111 (Tamat): Pelajaran untuk Orang-orang Berakal, Ini Hikmahnya

Minggu, 11 Juni 2023 - 17:57 WIB
Dai lulusan Al-Azhar Mesir, Ustaz Muchlis Al-Mughni saat mengisi kajian di Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat. Salah satu materi kajian beliau adalah kisah tentang Nabi Yusuf. Foto/Ist
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni

Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,

Yayasan Pustaka Afaf

Tibalah kita di akhir Surat Yusuf. Allah mengisahkan riwayat Nabi Yusuf ini secara lengkap untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang berakal. Sebagai penutup Surat Yusuf, Allah kembali mengingatkan bahwa pada kisah para Nabi dan Rasul, termasuk kisah Nabi Yusuf, terkandung pesan-pesan berharga untuk dipelajari manusia.

Berikut firman-Nya:



لَقَدْ كَانَ فِيْ قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۗ مَا كَانَ حَدِيْثًا يُّفْتَرٰى وَلٰكِنْ تَصْدِيْقَ الَّذِيْ بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيْلَ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ ࣖ


Artinya: "Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al- Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman." (QS Yusuf Ayat 111)

Pesan dan Hikmah

1. Hikmah disampaikannya kisah-kisah umat atau para Nabi terdahulu penuh hikmah dan pelajaran yang bermanfaat bagi orang yang menggunakan akal pikirannya.

2. Sesungguhnya akal lebih selamat jika diisi dengan pesan dan ajaran Al-Qur'an.

3. Al-Qur'an merupakan kitab luar biasa karena di dalamnya berisi kalam-kalam Allah yang Maha Tahu dengan perkara gaib, baik masa lalu maupun yang akan datang.

4. Al-Qur'an datang membenarkan kitab-kitab terdahulu seperti Zabur, Taurat dan Injil. Di samping itu fungsi Al-Qur'an sebagai penjelas, petunjuk (hidayah) sekaligus rahmat terkhusus bagi yang mengimaninya.

5. Keselarasan poin pembahasan antara ayat-ayat pertama dan ayat ayat terakhir. Yaitu pentingnya mempelajari dan meyakini kisah-kisah dalam Al-Qur'an.

Surat Penghibur Rasulullah SAW

Untuk diketahui, Surat Yusuf ini terdiri atas 111 ayat, surat ke-12 dalam mushaf Al-Qur'an. Surat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyyah karena diturunkan sebelum Hijrah Nabi.

Surat ini dinamakan Surat Yusuf karena menceritakan kisah Nabi Yusuf secara deatail dan sempurna. Riwayat ini salah satu di antara cerita-cerita ghaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu mukjizat bagi beliau, sedang beliau sebelum diturunkan surat ini tidak mengetahuinya.

Menurut riwayat Al-Baihaqi dalam Kitab Ad-Dalail, segolongan orang Yahudi masuk Islam setelah mereka mendengar cerita Nabi Yusuf karena sesuai dengan cerita-cerita yang mereka ketahui. Dari cerita Yusuf ini, Nabi Muhammad SAW mengambil pelajaran yang banyak dan penghibur bagi beliau dalam menjalankan tugas kenabiannya.

Semoga Bermanfaat

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
فَلَمَّا نَسُوۡا مَا ذُكِّرُوۡا بِهٖ فَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ اَبۡوَابَ كُلِّ شَىۡءٍ ؕ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوۡا بِمَاۤ اُوۡتُوۡۤا اَخَذۡنٰهُمۡ بَغۡتَةً فَاِذَا هُمۡ مُّبۡلِسُوۡنَ
Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

(QS. Al-An'am Ayat 44)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More