3 Prinsip Kepemimpinan yang Efektif Menurut Al-Qur'an

Kamis, 17 Agustus 2023 - 21:07 WIB
Imam Shamsi Ali, Dai yang juga Presiden Nusantara Foundation USA. Foto/Ist
Imam Shamsi Ali

Direktur Jamaica Muslim Center,

Presiden Nusantara Foundation USA

Dalam perjalanan saya baru-baru ini dari Missouri ke New York, tanpa sengaja saya membaca Majalah AA (American Airlines) yang tersimpan di counter bandara. Saya memang selalu mencari bacaan ringan ketika dalam perjalanan. Baik itu dari majalah-majalah gratis atau sekalian membeli di toko buku bandara. Seringkali buku-buku yang baru terbit lebih duluan terpajang di bandara-bandara sebagai promosi.

Yang menarik perhatian saya di Majalah AA tadi adalah sebuah tulisan yang berjudul 10 prinsip kepemimpinan yang efektif (10 principles of an effective leadership). Tentu saja saya baca secara seksama, bahkan sengaja membawa majalah gratis itu pulang ke rumah.



Saya kemudian mencatat kesepuluh prinsip-prinsip dasar kepemimpinan itu dan memberikan catatan-catatan dari perspektif Islam. Dan pastinya kepemimpinan dalam perspektif Islam tidak lain adalah kepemimpinan Rasulullah ﷺ yang seharusnya menjadi tauladan bagi pemimpin yang mengaku pengikut Beliau.

Kesepuluh prinsip kepemimpinan yang disampaikan di majalah itu adalah:

1. Berkarakter kejujuran yang tinggi (honesty).

2. Memiliki kemampuan mendelegasikan (Ability to delegate).

3. Memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni (Communication skill).

4. Memiliki rasa humor (Sense of humor).

5. Memiliki percaya diri (self esteem).

6. Memiliki komitmen yang solid (solid commitment).

7. Memiliki karakter positif (positive attitude).

8. Memiliki daya kreativitas yang inovatif (innovative creativity).

9. Mampu menginspirasi (ability to inspire).

10. Memiliki intuisi yang kuat (Intuition).

Saya tidak bermaksud merincikan satu per satu dari prinsip kepemimpinan efektif di atas. Karena semuanya terangkum dalam prinsip kepemimpinan yang lebih populer dengan prinsip kepemimpinan Rasulullah ﷺ yaitu; Shiddiq, amanah, tablig dan fathonah.

Justru yang ingin saya ingin merelevansikan prinsip-prinsip tersebut dengan tiga prinsip kepemimpinan yang tersimpulkan dalam Kalam Samawi di Surat As-Sajadah ayat 24:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَمَنۡ يَّقۡتُلۡ مُؤۡمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَالِدًا فِيۡهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيۡمًا
Dan barangsiapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.

(QS. An-Nisa Ayat 93)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More