2 Tanda Kiamat Sudah Dekat Berdasar Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril

Selasa, 05 September 2023 - 05:15 WIB
Salah satu tanda kiamat adalah seorang budak yang melahirkan tuannya. Ilustrasi: Masyudi
Potongan hadis dari Umar bin Khattab ra yang menceritakan tentang dialog Nabi Muhammad SAW dengan malaikat Jibril tentang Islam, Iman, Ikhsan, dan hari kiamat, terdapat penjelasan mengenai tanda-tanda kiamat sudah dekat.

Tatkala Malaikat Jibril berkata: “Kabarkan kepada saya tentang tanda-tanda kiamat!”

Nabi SAW menjawab: “Ketika seorang budak melahirkan tuannya dan engkau mendapati seorang yang tak bersandal dan tak berpakaian lagi miskin pengembala kambing berlomba-lomba dalam bangunan.”



Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi dalam bukunya berjudul "Syarah 10 Landasan Agama dari Kalimat Nubuwwah" menjelaskan Nabi Muhammad SAW mengabarkan dalam hadis ini tentang sebagian tanda-tanda kiamat, beliau menyebutkan dua tanda:



Pertama, seorang budak yang melahirkan tuannya. Hal ini sebagai isyarat tentang banyaknya penaklukan negara-negara kafir dan banyaknya tawanan yang menjadi budak.

Kedua, para fakir miskin yang tak bersandal dan tak berpakaian berlomba-lomba membangun dunia. Ini sebagai isyarat tentang cinta dunia yang menjangkiti banyak orang sehingga para fakir miskin berlomba-lomba dengan orang kaya dalam masalah dunia.

Abu Ubaidah Yusuf mengatakan bahwa para ulama menyebutkan tanda kiamat ada dua macam: Pertama: Tanda kiamat shughra (kecil) yang terjadi sebelum terjadinya kiamat dengan jarak yang cukup lama dan menjadi sudah hal yang biasa; seperti kurang ilmu agama, banyaknya khamr, perzinaan, pembunuhan, riba, dan sebagainya.

Kedua, tanda kiamat kubra (besar) yang terjadi menjelang kiamat tiba dan bukan hal yang biasa; seperti keluarnya Dajjal, turunnya Isa bin Maryam, terbitnya matahari dari arah barat, dan sebagainya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Dua kalimat yang ringan diucapkan tetapi berat timbangannya, dan disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Pengasih yaitu, Subhanallah wa Bihamdihi Subhaanallaahil Azhim (Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

(HR. Muslim No. 4860)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More