Doa untuk Orang yang Telah Bersedekah

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 15:05 WIB
Bacaan doa untuk mendoakan orang yang bersedekah berasal dari hadis Nabi Muhammad SAW, doa ini dapat diucapkan sebagai bentuk harapan agar Allah memberikan berkah kepada orang yang bersedekah. Foto ilustrasi/ist
Doa untuk orang yang telah bersedekah sangat bermanfaat sekali. Ketika seseorang bersedekah , ia memberikan sebagian harta yang dimilikinya kepada orang lain yang membutuhkan. Selain memberikan manfaat langsung bagi penerima sedekah, bersedekah juga memiliki keutamaan dan keberkahan yang luar biasa.

Salah satu doa yang dapat Anda baca untuk mendoakan orang yang bersedekah adalah doa yang berasal dari hadis Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Doa ini dapat diucapkan sebagai bentuk harapan agar Allah memberikan berkah kepada orang yang bersedekah.

Doa tersebut adalah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِك


“Barakallahu laka fi ahlika wa malika”



Artinya, "Semoga Allah memberkahi kamu dalam keluargamu dan hartamu." (HR. Bukhari)

Doa ini sederhana dan mudah dihapalkan, sehingga dapat digunakan oleh setiap orang yang ingin mendoakan orang yang bersedekah. Dalam doa tersebut terkandung makna yang dalam, yaitu harapan agar Allah melimpahkan berkah-Nya kepada orang yang telah bersedekah. Doa ini juga menunjukkan bahwa keberkahan tidak hanya terbatas pada harta yang diberikan, tetapi juga meliputi keluarga si pemberi sedekah.

Baca Juga: Doa Para Malaikat untuk Yang Gemar Bersedekah



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
cover top ayah
رَبَّنَاۤ اِنَّنَا سَمِعۡنَا مُنَادِيًا يُّنَادِىۡ لِلۡاِيۡمَانِ اَنۡ اٰمِنُوۡا بِرَبِّكُمۡ فَاٰمَنَّا  ۖرَبَّنَا فَاغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوۡبَنَا وَكَفِّرۡ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الۡاَبۡرَارِ‌ۚ (١٩٣) رَبَّنَا وَاٰتِنَا مَا وَعَدتَّنَا عَلٰى رُسُلِكَ وَلَا تُخۡزِنَا يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ ‌ؕ اِنَّكَ لَا تُخۡلِفُ الۡمِيۡعَادَ (١٩٤)
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), Berimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari Kiamat. Sungguh, Engkau tidak pernah mengingkari janji.

(QS. Ali 'Imran Ayat 193-194)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More