Wapres Ingatkan Jemaah Tak Pakai Visa Ziarah untuk Ibadah Haji

Kamis, 30 Mei 2024 - 00:13 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan jemaah asal Indonesia tidak menggunakan visa ziarah untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Foto/SINDOnews/Binti Mufarida
ACEH - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan jemaah asal Indonesia tidak menggunakan visa ziarah untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Beberapa waktu terakhir, viral di media sosial jemaah asal Indonesia dirazia oleh petugas keamanan Makkah karena menggunakan visa ziarah.

“Masalah visa ziarah aturannya itu tidak boleh digunakan untuk haji dan itu ada konsekuensi-konsekuensinya,” ujar Wapres usai melepas jemaah haji Aceh di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Provinsi Aceh, Rabu (29/5/2024).



Oleh karena itu, Wapres meminta kepada travel untuk tidak menyalahgunakan dengan merekayasa agar bisa memberangkatkan jemaah Indonesia berhaji namun dengan menggunakan visa ziarah.

“Karena itu kepada travel biasanya kan ziarah itu kan travel, nah travel itu harus jangan menyalahgunakan kesempatan untuk memberangkatkan ziarah itu kemudian juga merekayasa sampai kepada haji,” tandas Wapres.

Bahkan, Wapres mengingatkan bahwa akan ada kesulitan dalam proses pemulangan jemaah yang terbukti menggunakan visa ziarah. “Nanti akan ada kesulitan-kesulitan juga yang pada jemaahnya ya, ada proses-proses lalu di sana nanti tidak bisa berhaji juga karena dia tidak pakai visa haji dan tidak bisa masuk.”



“Keduanya nanti ketika pulang menjadi masalah karena dia visanya travel, satu hal yang penting. Kementerian Agama nanti juga terus menertibkan travel umrah itu. Ke depan jangan sampai kita bikin masalah dengan Pemerintah Arab Saudi dan juga membuat masalah untuk para jemaah kita sendiri mengalami kesulitan-kesulitan,” pungkasnya.
(kri)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَ ذَا النُّوۡنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنۡ لَّنۡ نَّـقۡدِرَ عَلَيۡهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنۡ لَّاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنۡتَ سُبۡحٰنَكَ ‌ۖ اِنِّىۡ كُنۡتُ مِنَ الظّٰلِمِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim.

(QS. Al-Anbiya Ayat 87)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More