Zamzam Gratis untuk Tamu Allah, Jemaah Haji: Kami Disambut Istimewa!

Senin, 03 Juni 2024 - 12:41 WIB
Jemaah haji Indonesia menerima air zamzam saat tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Foto/SINDOnews/andryanto wisnuwidodo
JEDDAH - "Zamzam, zamzam, gratis." Kalimat itu diteriakkan Musyaeri sambil menyodorkan sebotol air zamzam kepada jemaah haji Indonesia saat tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Musyaeri dan rekan-rekannnya yang memakai rompi khusus bekerja cepat saat membagikan air zamzam. Dia menyebut air Zamzam ini dibagikan oleh Lembaga Wakaf King Abdul Aziz.

"Kami membagikan zamzam ini untuk menyambut tamu Allah," ungkap salah satu tim pembagi zamzam Musyaeri, pada Tim Media Center Haji (MCH) di Bandara Jeddah, Minggu (2/6/2024).



Setiap harinya, tim akan membagi-bagikan 200 karton zamzam ke setiap paviliun tempat kedatangan jemaah di Bandara Jeddah. Setiap karton terdiri dari ada 20 botol.



"Setiap harinya kami terbagi dalam 3 shift, setiap shift bertugas selama 8 jam. Dalam setiap shift kami bisa membagikan 1.400 botol, dalam sehari sekitar 600 karton atau sekitar 5.000 botol," terangnya.



Lembaga Wakaf King Abdul Aziz, didirikan pada 1365 H. Air zamzam yang dibagikan kepada jemaah didatangkan langsung dari Makkah. Spirit untuk membagikan zamzam gratis ini yakni untuk memuliakan para jemaah haji sebagai tamu Allah.

"Kami membagikan zamzam ke seluruh gate, dari A-E kembali lagi ke A, berdasarkan gate mana yang ada kedatangan. Ada kedatangan jemaah, kami akan ke sana membagikan zamzam gratis. Kami ingin meredakan dahaga jemaah yang baru tiba, dengan itu kami berharap pahala dari Allah," tutur Musyaeri.

Sementara itu, senyum gembira jemaah haji Indonesia terus mengudara setibanya di Bandara Jeddah. Apalagi setelah masing-masing jemaah menerima satu botol zamzam pelepas dahaga.

Salah satu jemaah asal Lombok, Irdiana (56) yang tergabung dalam kelompok terbang LOP-27 mengaku senang setelah menerima zamzam di tangannya. "Kami merasa sangat istimewa, disambut dengan baik. Langsung dapat menikmati zamzam. Seperti tamu agung," ucapnya.
(cip)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu 'anhu, ia berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: Ajarkanlah aku suatu do'a yang bisa aku panjatkan saat shalat!. Maka Beliau pun berkata: Bacalah! ALLAHUMMA INNII ZHALAMTU NAFSII ZHULMAN KATSIIRAN WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA FAGHFIRLII MAGHFIRATAN MIN 'INDIKA WARHAMNII INNAKA ANTAL GHAFUURUR RAHIIM (Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang)

(HR. Bukhari No. 790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More